Harimau Jawa Benar-benar Terhapus dari Peta, di Dunia ada 9 Sub Spesies, Tinggal 6 Jenis Masih Hidup

Harimau Jawa Benar-benar Terhapus dari Peta, di Dunia ada 9 Sub Spesies, Tinggal 6 Jenis Masih Hidup

Harimau jawa sudah terhapus dari peta sub spesies harimau di dunia karena dianggap sudah punah. -Bali Safari Marine Park-radarkuningan.com

BACA JUGA:Kenali ini Sebelum Terlambat! 4 Penyakit Mematikan yang Dibawa oleh Nyamuk Beserta Pencegahannya

Harimau memiliki peranan penting dalam kebudayaan Tiongkok. Di antaranya dari arah mata angin dilambangkan oleh harimau putih dari Barat. Sementara  Dewa Cai Shen sering digambarkan menaiki harimau hitam.

6. Harimau Malaya 

Harimau Malaya sering pula disebut Panthera tigris jacksoni. Harimau ini merupakan subspesies termuda. Identitasnya sebagai subspesies terpisah baru diakui pada tahun 2004.

Terdapat sekitar 490 ekor harimau dewasa di alam bebas. Satwa ini hidup di hutan tropis dan subtropis lembab di Thailand Selatan dan Semenanjung Malaysia.

BACA JUGA:Pecinta Kucing Wajib Tau, Ini Cara Membangun Kedekatan Dengan Kucing Peliharaan! Simak Penjelasannya

Di Malaysia sendiri, harimau mendapat julukan Pak Belang atau Datau Harimau. Di Malaysia, mangsa alami harimau ini adalah babi hutan, rusa Sambar, dan mamalia ukuran sedang lainnya seperti kijang.

Itulah 6 jenis harimau di dunia yang masih dinyatakan hidup. Dari jenis-jenis itu, tak ada nama harimau Jawa yang keberadaannya belakangan penuh kontroversial.

Walau dinyatakan punah, tapi masih banyak orang menjumpai satwa endemi Pulau Jawa ini. Lalu pertanyaanya, benarkan harimau Jawa benar-benar punah? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: