Masih Rumit di CAS, Maarten Paes: Saya Sudah Belajar Pancasila, Sudah Menghafal Indonesia Raya

Masih Rumit di CAS, Maarten Paes: Saya Sudah Belajar Pancasila, Sudah Menghafal Indonesia Raya

Maarten Paes menantikan sidang CAS untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.-FC Dallas - tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Proses rumit di CAS, tak menjadi halangan bagi Maarten Paes jadi WNI seutuhnya. Dia sudah belajar Pancasila dan menghafal Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Nasib Maarten Vincent Paes hingga saat ini masih menggantung meski sudah menjadi Warga Negara Indonesia sejak April 2024.

Proses perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI, harus berproses secara arbitrase di Court Arbitration of Sport (CAS) karena terganjal Statuta FIFA 2022 Pasal 9 Ayat 2.

Kendati demikian, Maarten Paes mengaku sudah tidak sabar bermain untuk Tim Nasional Indonesia.

BACA JUGA:Bursa Transfer Pemain Liga 1 2024/2025: Eks Striker Barito Merapat Ke PSS Sleman?

"Saya sudah belajar Pancasila, saya sudah menghafal Indonesia Raya," sebut Maarten Paes, saat video conference dengan Komisi X DPR RI untuk merampungkan proses naturalisasi.

Meski tidak memiliki darah Indonesia berdasarkan keturunan langsung dari leluhurnya, namun kiper FC Dallas tersebut tidak asing dengan tanah air.

Nenek dari Paes lahir di Kediri, Jawa Timur dan pernah menetap sekitar 5 hingga 6 tahun di Indonesia.

Kemudian saat Perang Dunia II meletus, sempat tinggal di Kamp Spanyol - Jepang. Sehingga dia menyebut bahwa keluarganya adalah bagian dari sejarah Indonesia.

BACA JUGA:Ketahui, Olahraga yang Perlu Dihindari Orang dengan Masalah Jantung, Simak Selengkapnya

Di wawancara dengan FC Dallas, Maarten Paes juga mengungkapkan terkait alasannya bergabung dengan Timnas Indonesia.

Menurutnya, ada peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi peta kekuatan sepakbola dunia di masa mendatang.

Apalagi dengan kans lolos ke Piala Dunia 2026 yang dihelat di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Mengingat akan ada 9 wakil dari Zona Asia di ajang sepakbola terbesar di jagat raya.

"Semuanya tinggal menunggu persetujuan (CAS), yang saya tunggu tinggal persetujuan unntuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Saya sudah tidak sabar," sebut Paes di laman FC Dallas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: