Ini Daftar Nama Calon Plt Sekda Kuningan, Pemerhati: Plt Bupati Harus Punya Keberanian Tunjuk Nama

Ini Daftar Nama Calon Plt Sekda Kuningan, Pemerhati: Plt Bupati Harus Punya Keberanian Tunjuk Nama

Pemerhati kebijakan publik, Drs Mubarok MSi. (Dokumen)--

BACA JUGA:Tidak Ada Orang Yang Tahu! Ternyata Ini 2 Manfaat Merawat Tanaman Hias Yang Belum Diketahui, Apa Saja?

Nama Kepala Dinas Sosial, Dr H Toto Toharudin MPd. Toto juga pernah menduduki jabatan 2 kepala SKPD di dua tempat yang berbeda.

Yakni Kepala Disporapar dan sekarang Kepala Dinas Sosial. Dr Toto juga dikenal ahli dan jago dalam pendekatan.

Serta piawai dalam membangun komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat.

Pejabat lainnya adalah Drs Deniawan MSi yang menjabat Kepala Inspektorat Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ternyata Inilah 10 iPad Paling Layak Dibeli Tahun 2024, Lengkap Dengan Keunggulannya

Karir Deniawan di pemerintahan terbilang moncer. Antara lain pernah menjabat membantu bupati sebagai Staf Ahli Bupati, Kepala Diskominfo, Kadis Kominfo, dan Kepala DPMD. 

"Setahu saya, Pak Deniawan itu lulusan PKN 2. Sebagai jabatan tambahan selain Kepala Inspektorat yakni merangkap jabatan sebagai Dewan Pengawas RSU 45 Kuningan dan Dewas Perumda Air Minum Tirta kemuning. Sedangkan Asda II, Deden Kurniawan baru sekali menduduki kursi kepala SKPD," kata Mubarok.

Menurut Mubarok, begitu Dr H Dian Rahmat Yanuar MSi cuti dari jabatan sekda sesuai SE KASN No 6 Tahun 2023 atau batas waktu maksimal pada saat mendaftar ke KPU tgl 27-29 Agustus 2024, otomatis Dr H Dian Rahmat Yanuar mengundurkan diri dari jabatan sekda dan dari gerbong ASN sebagai PNS.

Pada saat itulah maka Plt Sekda yang ditunjuk Pj Bupati akan dilantik.

BACA JUGA:Ivar Adalah Maut! Ini Prediksi Cara Indonesia Menang Melawan Australia Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Berdasarkan analisis dan prediksi apabila Pj Bupati kuningan tidak cermat dan tidak teliti memilih pejabat utama yang akan membantunya, permasalahan pengelolaan keuangan maka dimungkinkan akan berpotensi gagal bayar lagi. Jumlahnya juga diperkirakan semakin membengkak atau nambah tahun 2024 dan prediksi gagal bayar 2025," tegas dia.

Dia menyarankan, sebaiknya Pj Bupati. Kuningan Dr Raden Iip Hidayat jangan memilih Plt Sekda berdasarkan like and dislike. Namun harus mengacu kepada kemampuan memalui fit and proper test. 

"Plt sekda harus orang yang pernah mengalami tempaan di lapangan. Kemudian berpengalaman menyelesaikan berbagai masalah di daerah, paham pemerintahan, dan tidak boleh punya agenda politik karena menjelang Pilkada," sarannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: