Dikenal Sebagai Miniatur Pluralisme Indonesia, Cigugur Terpilih Jadi Tempat KKN Lintas Agama

Dikenal Sebagai Miniatur Pluralisme Indonesia, Cigugur Terpilih Jadi Tempat KKN Lintas Agama

Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan terpilih menjadi lokasi KKN Moderasi Beragama.-Andre Mahardika-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Sebanyak 300 mahasiswa dari 58 perguruan tinggi di Indonesia, berkumpul di Pendopo Kuningan, Selasa, 16 Juli 2024.

Kedatangan mereka untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Moderasi Beragama ke IV.

Para civitas akademika dan peserta KKN Moderasi Bergama akan ditempatkan di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof Dr H Rosihon Anwar mengungkapkan, terpilihnya Kecamatan Cigugur yang berada di kaki Gunung Ciremai itu, salah satunya dikenal sebagai miniatur Indonesia dan miniatur pluralisme di Indonesia.

BACA JUGA:Syekh Panji Gumilang Resmi Bebas dari Lapas Indramayu, Kembali ke Ponpes Al Zaytun

“Cigugur terkenal dengan daerah yang plural, banyak keyakinan (agama) yang melekat pada masyarakat disana dan berlaku hidup rukun tanpa perselisihan," kata Roshinon.

Dikatakannya, peserta KKN nantinya akan terjun langsung untuk belajar tentang prinsip toleransi di kehidupan sehari-hari, kemudian dapat diimplementasikan di setiap wilayah NKRI. 

"Cigugur juga merupakan tempat dimana banyak akademisi melakukan penelitian khususnya dalam toleransi beragama," katanya.

Rektor menerangkan, sebelumnya, KKN moderasi beragama ke IV se-Indonesia ini dibuka oleh Menteri Agama Republik Indonesia melalui Direktur Diktis Kemenag RI H Ahmad Zainul Hamdi dengan penyematan secara simbolis peserta KKN. 

BACA JUGA:Versi Murahnya iPad Pro, Inilah iPad Air M2 Tahun 2024, Harganya Gak Sampai Rp 10 Juta

Rencananya, mereka akan melaksanakan kegiatan dimaksud selama 40 hari dengan mengusung tema Harmoni Bersama Umat Beragama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: