Takut Kena Ciong! 'El Sujud' Indra Sjafri Katanya Cek Shio - Zodiak Pemain, Faktor Keberuntungan?

Takut Kena Ciong! 'El Sujud' Indra Sjafri Katanya Cek Shio - Zodiak Pemain, Faktor Keberuntungan?

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri disebut memperhatikan faktor non teknis pemain termasuk Shio dan Zodiak menggunakan ilmu Feng Shui.-Indra Sjafri - tangkapan layar Instagram-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri disebut sampai kepo dengan urusan shio dan zodiak para pemain, demi menghindari ciong.

Salah satu unsur kecocokan dan pembacaan karakter tersebut menggunakan ilmu Feng Shui yang percaya atau tidak berpengaruh pada keberuntungan dan faktor non teknis sebuah tim.

Soal pengaruh dari Shio dan Zodiak dari para pemain tersebut, diungkap oleh Sapto Haryo yang mengaku pernah mewawancarai pelatih yang dijuluki 'el sujud' oleh warganet itu.

Pandit sepakbola ternama tersebut mengaku, mendapatkan informasi soal hal di luar kebiasaan yang dilakukan oleh Indra Sjafri ketika memilih pemain untuk Timnas Indonesia kelompok umur.

BACA JUGA:Peduli Tanah Kelahirannya, Penasehat Kapolri, Andi Gani Sumbang Tour de Linggarjati Rp250 Juta

"Pernah ada wawancara khusus dengan dia dan banyak faktor di luar kebiasaan, di luar orang biasa praktekan," kata Satpo Haryo dilansir radarkuningan.com dari Hasani Corner, Senin, 5, Agustus 2024.

Menurut Bung Sapto, Indra Sjafri mempelajari karakter setiap pemain termasuk dari tanggal, bulan dan tahun lahir.

Kemudian mencocokan Shio dan Zodiak, melihat hari baik maupun ciong dan apakah akan cocok dengan tim.

"Bahkan dengan pemain itu lahir bulan apa, shio-nya apa, zodiaknya apa, itu termasuk kalkulasi dari Indra Sjafri," tuturnya.

BACA JUGA:Matthew Baker Hanya Bermain Hingga Piala Dunia U-17? Bahas Rumor Matthew Baker Bersama Timnas Indonesia Disini

Bung Sapto mengaku, kemungkinan coach Indra mempelajari ilmu dari Tiongkok tersebut dan hal itu menjadi pertimbangan non teknis di luar aspek sepakbola.

"Ternyata dia kan mungkin mempelajari, kalau di ilmu Tiongkok kan ada ciong ya. Mungkin nggak cocok nih sama dia, kayak gitu-gitu," tuturnya.

Dia mengaku terkejut ketika mengetahui hal itu. Ternyata ada unsur non teknis yang juga disematkan dalam membentuk sebuah tim.

"Ternyata beberapa faktor itu, dia selipkan juga untuk membentuk tim. Kita bisa tertawa, bisa apa, tapi dia bisa membuktikan di lapangan dan itu menjadi salah satu goresan tinta emas yang jarang diberikan pelatih lain," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: