STY Doyan Putus Rekor Buruk, Timnas Indonesia Terakhir Menang atas Australia Tahun 1981

STY Doyan Putus Rekor Buruk, Timnas Indonesia Terakhir Menang atas Australia Tahun 1981

Pelatih Shin Tae-yong berjanji bakal mendorong anak asuhnya untuk bisa memenangkan laga melawan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga.-PSSI -

RADARKUNINGAN - Timnas Indonesia bakal melawan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga. Skuad Garuda menang atas Socceroos terakhir tahun 1981.

Dengan begitu, Timnas Indonesia sudah lama tidak bisa menang lagi atas Australia. Selama 43 tahun lalu, rekor tersebut belum terputuskan.

Namun di tangan pelatih Shin Tae-yong (STY), Timnas Indonesia kerap membuat gebrakan dan memutus rekor buruk yang selama ini menghantui skuad merah putih.

Dengan racikan STY, beberapa kali Timnas Indonesia membuat sejarah baru di berbagai ajang.

BACA JUGA:Pasca Pengalihan Tugas dan Fungsi KASN, Menteri PANRB Berlakukan Sistem Merit untuk Instansi Pemerintah

Menurut catatan, STY merupakan pelatih satu-satunya yang bisa mengantarkan Timnas Indonesia dari 3 kelompok umur, melaju ke Piala Asia.

Timnas Indonesia U19, Timnas Indonesia U23 dan Timnas Indonesia senior, berhasil dibawanya ke babak utama gelaran Piala Asia lewat jalur kualifikasi.

Sejarah lainnya, pelatih asal Korea Selatan itu berhasil membawa Timnas Senior ke babak 16 besar Piala Asia. Hal tersebut merupakan sejarah baru bagi Jordi Amat dan kawan-kawan.

Sejarah baru lainnya, STY berhasil membawa Skuad Garuda Muda melaju ke babak semifinal Piala Asia U23 tahun 2024.

BACA JUGA:Jadwal Indonesia vs Australia, Nilai Pasar Skuad Terpaut Jauh, Sektor Ini yang Paling Mahal

Adapun catatan rekor yang berhasil dipecahkan oleh STY, saat Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam di kandang sendiri dalam laga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua.

Kemenangan di Stadion My Dinh National tersebut, memutus rekor 30 tahun skuad Garuda tidak pernah bisa menang atas Vietnam di kandang lawan.

Dengan berbagai catatan sejarah baru yang berhasil ditorehkan STY, publik sepakbola tanah air berharap tuah pelatih berusia 54 tahun tersebut kembali terjadi.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia bakal menghadapi Australia di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: