Yamaha_detail

Ciri Keturunan Prabu Siliwangi, Ada Tahi Lalat Segitiga

Ciri Keturunan Prabu Siliwangi, Ada Tahi Lalat Segitiga

Ajaran Prabu Siliwangi. -Ist-Radarindramayu.id

Radarkuningan.com - Ciri keturunan Prabu Siliwangi, diyakini menjadi ciri fisik pada tubuh seseorang. Salah satunya keberadaan tahi lalat yang berbentuk khas.

Ciri tahi lalat, atau tiga tanda keturunan Prabu Siliwangi ini, diyakini terkait erat dengan ajaran Tri Tangtu Buana.

Dari ajaran inilah, yang kemudian salah satunya ditafsirkan sebagai tiga tanda keturunan Prabu Siliwangi. Terutama dari jalur Cirebon.

Seperti diketahui, Prabu Siliwangi memiliki keturunan dengan jalur utama dari tiga istri seperti yang tercatat dari silsilah. 

BACA JUGA:Survei: Airlangga Tokoh dengan Kebijakan Paling Bermanfaat

Yakni lewat jalur Nyi Ambet Kasih yang terhubung dengan Kerajaan Sindangkasih di Kabupaten Majalengka.

Kemudian tiga keturunan yang dilahirkan dari Nyi Subang Larang. Yang nantinya akan menjadi cikal bakal Kesultanan Cirebon dan selanjutnya ke Sunan Gunung Jati.

Keturunan lainnya dilahirkan dari Nyi Kentring Manik Mayang Sunda. Di mana garis keturunan Prabu Siliwangi di jalur ini, menjadi penerus takhta di Pakuan Pajajaran.

Sebagai gambaran, tiga tanda keturunan Prabu Siliwangi, diyakini dari simbolisasi ajaran yang diterapkan Prabu Siliwangi yakni Jati Sunda.

BACA JUGA:1.728 Kafilah Berlaga di Porsadin VI

Di dalam ajaran Jati Sunda mengenal 3 falsafah hidup yang dianut pada jaman itu. Falsafah hidup itu dikenal dengan sebutan Tri Tangtu di Buana.

Terkait dengan ketiga ciri khas tersebut, maka muncul keyakinan Prabu Siliwangi juga mempunyai ciri-ciri fisik khusus.

Pertama, Keturunan Prabu Siliwangi mempunyai 3 tahi lalat yang membentuk segitiga. Formasi unik ini, diyakini menjadi ciri khas tersendiri dan sering dikait-kaitkan.

Kedua, keturunan Prabu Siliwangi dari Cirebon yang berhubungan dengan Sunan Gunung Jati atau Syekh Syarif Hidayatullah itu juga mempunyai ciri khusus.

BACA JUGA:Nupur Sharma Menghina Nabi Muhammad SAW, Polisi India Bertindak

Ciri khusus keturunan dari Prabu Siliwangi dari Cirebon ini adalah terdapat tanda tubuh di kuku jari tangan dan juga jari kaki, ada garis lurus putih baik ditengah atau di pinggirnya.

Garis lurus tersebut diartikan bahwa keturunan Prabu Siliwangi yang berawal dari Cirebon atau keturunan dari Syekh Syarif Hidayatullah yang beragama Islam, mempunyai jalan yang lurus untuk menuju pada Tuhan.

Khodam ini, diyakini menjadi pelindung sari keturunan Sri Baduga Maharaja. Sebab, semasa hidup, Prabu Siliwangi dilindungi macan putih gaib yang didapat dari Curug Sawer di Kabupaten Majalengka.

Khodam ini, diyakini juga disimpan dalam kujang pusaka Prabu Siliwangi. Yang turut memberikan perlindungan. Sekaligus menjadi senjata yang sakti mandraguna.

BACA JUGA:Nupur Sharma Menghina Nabi Muhammad SAW, Polisi India Bertindak

Terlepas dari keyakinan atas ciri-ciri itu, para keturunan Prabu Sliwangi dari Jalur Nyai Subang Larang hingga berpangkal pada Syeikh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati sebenarnya telah terdokumentasi dengan baik. (yud)

Sumber: