Yamaha_detail

Peternak Domba Kebanjiran Pesanan, Harga Naik Rata-rata Rp500.000 Per Ekor, Dianggap Masih Wajar

Peternak Domba Kebanjiran Pesanan, Harga Naik Rata-rata Rp500.000 Per Ekor, Dianggap Masih Wajar

DOMBA KURBAN: Peternak domba di Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Nana saat memberi pakan domba-domba untuk persiapan kurban pada Idul Adha tahun ini. --

Radarkuningan.id, KUNINGAN - Ketersediaan sapi potong yang terbatas akibat wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjadikan banyak masyarakat memilih domba sebagai hewan kurban pada Lebaran Idul Adha nanti. Kondisi ini pun praktis membuat para peternak domba di Kabupaten Kuningan kewalahan memenuhi banyaknya pesanan.

Seperti dialami Nana salah satu peternak domba di Desa Bojong, Kecamatan Cilimus,  dari 80 ekor domba di kandangnya kini sudah separuh lebih yang dipesan. Membeludaknya permintaan domba ini pun membuat harga domba ikut naik dibanding saat hari biasa.

“Dari 80 ekor domba yang saya punya, sekitar 50 di antaranya sudah dipesan. Sisanya, mudah-mudahan bisa terjual menjelang Lebaran nanti," ujar Nana kepada Radar Kuningan, kemarin (29/6).

Nana menambahkan, harga jual dombanya pun otomatis naik dibanding hari biasa. Kenaikannya rata-rata Rp500.000 per ekor. Misalnya, dari yang termurah Rp2 juta, kini menjadi Rp2,5 juta.

BACA JUGA:Tips Perawatan Baterai atau Aki pada Sepeda Motor

“Sudah biasa kalau menjelang Lebaran Idul Adha harga domba ada kenaikan. Insya Allah kenaikannya masih terbilang wajar dan tidak memberatkan," ujar Nana.

Terlebih saat ini ada wabah PMK yang banyak menyerang ternak sapi sehingga banyak masyarakat yang memilih domba untuk hewan kurban nanti. Kondisi ini, kata dia, membuat hukum pasar berlaku, yaitu saat permintaan tinggi maka harga pun ikut naik.

"Selain itu karena untuk domba kurban ada perlakuan dan perawatan khusus. Setelah transaksi, domba masih kita rawat dan baru diambil pada saat akan disembelih saat Lebaran nanti. Kami menjamin domba yang sudah dibeli tetap diurus dan dijaga makanannya agar tetap sehat sampai diambil pada hari Lebaran," ungkap Nana.

BACA JUGA:Main HP Dilarang di SPBU, Tapi Kini Disuruh Bayar Pakai Mypertamina, Ahli LIPI Kasih Penjelasan

Nana mengaku, saat ini dia mempunyai stok domba kurban sebanyak 80 ekor. Dengan harga jual antara Rp2,5 juta hingga Rp5 juta tergantung kondisi postur tubuh domba.

“Pembeli biasanya datang ke kandang langsung supaya bisa memilih sendiri biar puas. Setelah cocok, mereka biasanya langsung membayar uang muka atau bahkan langsung melunasi dan kambing baru diambil atau dikirim sesuai kesepakatan ada yang sehari menjelang Lebaran kurban ada juga yang setelah Salat Ied," ujar Nana.

Usaha domba yang sudah dijalani selama 10 tahun lebih, lanjut Nana, selalu ramai ketika menjelang Idul Adha seperti sekarang. Bahkan dengan jumlah domba yang cukup banyak tersebut, Nana mengaku masih kekurangan untuk memenuhi permintaan konsumen.

"Kebetulan saya juga punya beberapa domba titipan di beberapa peternak. Ini baru dikeluarkan sebagian dan kalau stok di kandang sudah habis, baru nanti saya ambil lagi dari teman peternak," ungkap Nana. (fik)

BACA JUGA:Pembunuhan di Pasaleman Cirebon, Korban Ditemukan di Kebun Tebu

Sumber: