Rumah Terbakar Gara-gara Tungku, Kerugian Mencapai Rp 50 Juta

Rumah Terbakar Gara-gara Tungku, Kerugian Mencapai Rp 50 Juta

Petugas damkar tangani kebakaran rumah di Cigugur-Damkar Kuningan-

KUNINGAN - Musibah kebakaran melanda rumah milik keluarga Samsu (42) di Desa Babakanmulya, Kecamatan Cigugur, pada Rabu (10/8) pagi. Kebakaran yang diduga akibat tungku kayu bakar tersebut menyebabkan separuh bangunan rumah Samsu ludes terbakar dengan kerugian materil sekitar Rp 50 juta.

BACA JUGA:Keren, Gebyar 10.001 Merah Putih ala 'Citayam Fashion Week' di Halaman Gedung Perundingan Linggarjati Kuningan

Berdasarkan informasi dihimpun, kebakaran tersebut terjadi pada Rabu pagi sekitar pukul 10.30 WIB. Kebakaran pertama kali diketahui oleh salah satu tetangga Samsu  yang bernama Nia Kurniasih (33) yang melihat kepulan asap dari atap bagian dapur rumah Samsu.

BACA JUGA:Kepung Cendol

"Salah satu tetangga bernama Bu Nia hendak keluar rumah menjemput anaknya, terkejut melihat atap bagian dapur rumah Pak Samsu keluar asap tebal. Bu Nia langsung berteriak memanggil pemilik rumah namun sepi tidak ada jawaban sehingga dia berteriak meminta bantuan para tetangga untuk memadamkan api yang sudah membakar ruangan dapur," ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti kepada Radar.

BACA JUGA:Airlangga: Golkar Masih Partai Pemenang Terbanyak Total Pemilu di Indonesia

Khadafi melanjutkan, seketika warga pun berdatangan dan berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, kondisi bangunan dapur yang semi permanen membuat api dengan cepat berkobar hingga merembet ke bagian tengah rumah.

Melihat api semakin besar dan sulit dipadamkan, baru warga melaporkan musibah kebakaran ini ke petugas Damkar Kuningan. Laporan warga pun langsung ditanggapi satu regu petugas Damkar tiba ke lokasi dengan satu unit armada pemadam langsung bergerak memadamkan api.

BACA JUGA:Motif Pembunuhan Brigadir J, Anggota DPR RI: Polisi Harus Ungkap, Agar Opini Tidak Menjadi Liar

"Berawal dari bagian dapur yang terbuat dari bambu, api dengan cepat berkobar hingga merembet ke atap bangunan permanen. Akibatnya seluruh bangunan dapur habis terbakar hingga ke bagian kamar belakang," ujar Khadafi yang memimpin langsung upaya pemadaman.

Akhirnya, upaya petugas Damkar pun membuahkan hasil. Api berhasil dipadamkan sebelum menghanguskan seluruh bangunan rumah. Akibat kejadian ini, pemilik rumah pun harus mengalami kerugian materil hingga mencapai Rp 50 juta.

BACA JUGA:Raih 7 Medali, Dua Atlet Asal Kuningan Berjaya di ASEAN Para Games 2022, Diguyur Bonus dari Pemkab

"Kebakaran menghanguskan bangunan dapur berikut perabotan seperti lemari dan peralatan dapur lainnya sehingga kerugian materil ditaksir mencapai Rp 50 juta," ungkap Khadafi.

Dari hasil keterangan pemilik rumah, kata Khadafi, diduga kebakaran disebabkan oleh bara api dari tungku kayu bakar yang sudah digunakan memasak. Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal ke sawah sehingga tidak ada yang mengetahui api dari tungku tersebut membesar dan akhirnya membakar seluruh ruangan dapur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: