Lebaran Sudah Usai, Kepala Desa dan Warga Kuningan Tunggu Realisasi Pemasangan Ribuan PJU

Lebaran Sudah Usai, Kepala Desa dan Warga Kuningan Tunggu Realisasi Pemasangan Ribuan PJU

Program pemasangan ribuan lampu PJU dinantikan warga Kabupaten Kuningan. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN-, RADARKUNINGAN.COM- Rencana pemasangan ribuan lampu penerangan jalan umum (PJU) dari program Kuningan Caang, ternyata ditunggu oleh masyarakat dan kepala desa di Kabupaten Kuningan.

Program ini dicanangkan oleh Dinas Perhubungan yang anggarannya berasal dari bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat.

BACA JUGA:Perantau Tuju Tanah Harapan, H+2 Lebaran Puncak Arus Balik dan Wisata

Berkat keuletan dan komunikasi yang intens antara Kepala Dishub Kuningan, M Mutofid, Pemprov Jawa Barat akhirnya mengalokasikan anggaran untuk pengadaan ribuan PJU dengan nilai yang cukup fantastik di tahun anggaran 2023. Total Rp126 miliar dikucurkan dari pemprov untuk menerangi wilayah Kabupaten Kuningan.
 
Rencananya, seluruh desa dan kelurahan di Kuningan mendapat jatah masing-masing 10 titik per desa maupun kelurahan. Disamping untuk desa, Dishub juga akan mengganti seluruh tiang PJU yang sudah keropos lantaran dimakan usia dan yang karatan.
 
Bahkan lampu PJU tematik bakal di jalur pusat kota dan jalan menuju kawasan objek wisata untuk menambah keindahan di malam hari.
 
 
Kepala Desa Singkup, Kecamatan Japara, Mas'ud mengaku sudah menyerahkan proposal permohonan pemasangan PJU dari program Kuningan Caang. Proposal tersebut diajukan ke Dinas Perhubungan, jauh sebelum Hari Raya Idul Fitri. 
 
"Kami sudah mengajukan proposal permohonan pemasangan PJU kepada Dinas Perhubungan. Kalau tidak salah, saat bulan Ramadan kemarin pengajuannya. Lampu PJU ini kami butuhkan agar jalan poros kabupaten dan di dalam desa terang benderang. Tapi kami tidak tahu kapan program pemasangan PJU ini akan dimulai," kata Kades Mas'ud, Rabu 26 April 2023.  
 
 
Mas'ud juga mengatakan bahwa setahu dirinya, program pemasangan PJU untuk desa-desa bukan atas usulan atau program dari wakil rakyat melainkan program Pemkab Kuningan melalui Dinas Perhubungan.
 
"Ada yang bilang kalau itu usulan yang dibawa anggota dewan. Tapi setahu saya, program PJU ke desa-desa adalah Dinas Perhubungan," ujarnya.
 
Dia berharap agar Dishub segera merealisasikan program pemasangan ribuan PJU di desa-desa dan kelurahan karena lebaran sudah berlalu.
 
 
"Apalagi Pak Kadishub sendiri pernah ngomong kalau pemasangan PJU dilakukan sebelum lebaran. Mudah-mudahan saja secepatnya program tersebut terealisasi karena dibutuhkan masyarakat," harap Mas'ud.
 
Seperti diketahui, dari program Kuningan Caang akan dipasang 7.060 lampu penerangan jalan umum (PJU) hingga pelosok desa tahun ini. 
 
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan M Mutofid beberapa waktu lalu menjelaskan, dari 7.060 unit PJU tersebut terdiri dari 6.632 unit lampu oktagonal dan sisanya 428 unit lampu PJU tematik. 
 
 
Lampu-lampu PJU tersebut, akan di pasang di lokasi-lokasi strategis dengan prioritas jalan desa, jalan ibu kota kecamatan, jalur pariwisata dan jalan kabupaten termasuk jalan baru Lingkar Timur.

"Setiap desa akan kita pasang sekitar 10 PJU di titik strategis, jadi tidak ada lagi istilah jalan desa gelap saat malam hari. Beberapa mungkin akan dapat lebih, karena ada beberapa desa yang kondisi penerangannya sudah cukup, maka kita alihkan ke desa yang membutuhkan lebih banyak," ujar Mutofid. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: