HOREEE, Jalintim Dihotmik Ulang Dinas PUTR Kuningan, Anggarannya Rp2 Miliar dari Provinsi

HOREEE, Jalintim Dihotmik Ulang Dinas PUTR Kuningan, Anggarannya Rp2 Miliar dari Provinsi

Dinas PUTR Kabupaten Kuningan melakukan penghotmikan di ruas jalan lingkar timur yang anggarannya berasal dari provinsi. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Tidak lama lagi, ruas Panawuan-Caracas di Jalan Lingkar Timur (Jalintim) bakal mulus. Sebab, Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kuningan melakukan penghotmikan ulang.

Anggaran untuk perbaikan ruas Jalintim ini berasal dari bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat sebesar Rp2 miliar.

 
 
Karena keterbatasan anggaran itulah tidak semua lajur akan dihotmik ulang. Jalintim sendiri memiliki empat lajur yang dipisahkan median jalan.
 
Ruas jalan yang akan dihotmik dimulai dari depan SMKN 1 Cilimus sampai masjid sebrlum simpang empat Panawuan. Panjang ruas yang dihotmik ulang 1,7 kilometer dan sisanya hanya penambalan.
 
Kepala Sub Koordinasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas PUTR Kuningan, Budi Heryadi menjelaskan, perbaikan ruas jalan ini tidak melalui proses lelang melainkan mengacu kepada e-katalog.
 
 
 
Pengerjaannya dimulai hari Selasa sore 2 Mei 2023 hingga beberapa waktu ke depan. Alat berat untuk proses perbaikan sudah mulai melakukan penghotmikan di lokasi.
 
"Titik awal penghotmikan ulang dimulai dari sebelum masjid simpang empat Panawuan SMKN 1 Cilimus. Lajur yang diperbaiki hanya sebelah kiri dari arah Panawuan sampai Caracas. Dengan lebar badan jalan 6 meter. Panjang jalan yang dihotmik ulang 1,7 kilometer. Selebihnya hanya penambalasan saja," papar Budi Heryadi kepada radarkuningan.com.
 
 
 
Budi mengutarakan, anggaran perbaikan ruas jalan ini bukan berasal dari APBD Kabupaten Kuningan melainkan bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat.
 
Besarannya hanya Rp2 miliar yang dialokasikan di tahun anggaran 2023. Sehingga mau tidak mau tidak seluruh lajur jalan terkena perbaikan.
 
"Jadi, mohon maaf kepada masyarakat Kuningan, tidak seluruhnya ruas jalur Jalintim ini bisa dihotmik ulang. Anggaran yang terbatas menjadi penyebabnya. Jika saja anggarannya besar, sudah tentu semuanya dihotmik ulang," sebut Budi, Kamis 4 Mei 2023.
 
 
 
Jalintim Sampora-Panawuan yang dibangun sejak era Bupati Kuningan, Almarhum H Aang Hamid Suganda diteruskan Almarhumah Bupati Hj Utje Ch Suganda memiliki empat lajur.
 
Setiap lajur mempunyai dua jalur dengan lebar masing-masing 6 meter. Saat ini, ruas Jalintim Sampora-Garatengah termasuk jalan kabupaten yang kewenangannya ada di Dinas PUTR Kabupaten Kuningan. 
 
Kondisi hotmik di ruas jalan ini sebenarnya kurang nyaman bagi pengendara motor dan mobil. Sepanjang jalur Caracas sampai simpang empat Panawuan penuh dengan tambalan. Ditambah lagi lapisan atas hotmiknya sudah lenyap dimakan usia.
 
 
 
"Ya bisa dikatakan kurang nyaman saat melintas dari Caracas-Panawuan karena aspalnya kasar tidak mulus. Setahu saya, jalur jni belum pernah dihotmik ulang sejak diresmikan oleh Almarahum Ibu Bupati Hj Utje Suganda. Pernah ada penghotmikan ulang tapi ruasnya Caracas-Tugu Ikan Sampora," sebut Nurohim, warga setempat.  (Agus)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: