Sabet Gelar Juara Pos Kamling Terbaik di Kabupaten Kuningan, Desa Cikupa Bersaing di Polda Jawa Barat

Sabet Gelar Juara Pos Kamling Terbaik di Kabupaten Kuningan, Desa Cikupa Bersaing di Polda Jawa Barat

Kepala Desa Cikupa, Meli Pemilia sedang menerima hadiah dari Polres Kuningan.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Tradisi ronda malam dan mengambil perelek (iuran sukarela) rupanya masih kuat tertanam dalam benak warga Desa Cikupa, Kecamatan Darma, Kuningan.
 
Warga setempat rela begadang dan keliling kampung sambil memukul kentongan hingga larut malam, demi menjaga keamanan di sekitar lingkungannya. 
 
 
 
Kepala Desa Cikupa, Meli Pemilia mengatakan, tradisi menjaga lingkungan sudah mendarah daging di kalangan masyarakat Cikupa. Tak heran jika setiap malam, pos ronda yang tersebar di wilayahnya selalu ramai oleh warga yang melaksanakan ronda malam. 
 
Menurut Meli, selain ronda malam ada tradisi lainnya yang masih terjaga. Yakni mengumpulkan perelek. Warga yang bertugas mengambil perelek dari rumah-rumah penduduk.
 
"Perelek yang diberikan warga tak hanya berupa uang saja melainkan juga dalam bentuk lainnya. Bisa beras, gabah serta hasil pertanian lainnya. Besarannya tidak ditentukan tergantung dari kerelaan dan keikhlasan warga itu sendiri. 
 
 
 
Nah, guna meningkatkan kemampuan warganya dalam menjaga keamanan lingkungan, Pemdes Cikupa menggandeng Polsek Darma untuk memberikan pembekalan dan pelatihan.
 
Pembekalan yang diikuti puluhan warga dengan penuh antusias itu berlangsung hari Selasa 23 Mei 2023 di balai desa setempat. Upaya ini merupakan inovasi yang dilakukan pemdes. 
 
"Berbagai pelatihan digelar untuk menambah kemampuan para petugas keamanan khususnya para petugas jaga pos ronda. Mulai dari penanganan pertolongan pertama pada kecelakaan,  penanganan pada kondisi gawat darurat,  hingga pelatihan bagaimana menangani tertangkap tangan pada pelaku pencurian," papar Kades Meli, Kamis 25 Mei 2023.
 
 
 
Disamping pelatihan, di tahun 2022 lalu, pihaknya pernah menggelar lomba membuat pos kamling antar RT. Lomba yang dimenangkan oleh RT 02/01 Blok Desa itu dilangsungkan untuk memotivasi warga menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing.
 
Pelaksanaan pelatihan yang dilaksanakan satu harI diikuti oleh sekitar 50 orang peserta dengan perwakilan petugas jaga malam di tiap masing-masing RT.
 
Selain dari anggota Linmas Desa Cikupa, narasumber didatangkan langsung dari tenaga profesional. Yaitu tenaga medis dari Puskesmas Darma, Pemadam Kebakaran dan juga Kasat Bimas Polres Kuningan. 
 
"Semoga saja hasil pelatihan ini dapat menjadi bekal bagi warga kami untuk mengatasi terjadinya banyak kemungkinan kejadian saat mereka jaga malam. Sehingga warga akan merasa lebih tenang" harap Meli. 
 
 
 
Di akhir pelatihan, Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian memberikan bingkisan hadiah atas terpilihnya Cikupa sebagai perwakilan Polres Kuningan dalam lomba Satkamling di tingkat Polda Jabar. 
 
"Semoga Cikupa dapat mendapatkan hasil terbaik. Apalagi sekarang desa kami memiliki pos ronda Kalapa Condong, sebagai pos ronda terbaik se Kabupaten kuningan," kata Melim
 
Sampai saat ini, lanjut Kades Meli, aktivitas ronda masih berlangsung di Desa Cikupa dibarengi dengan pengambilan perelek yang digantung di rumah warga. 
 
"Sangat berarti sekali pengambilan perelek saat ronda dilaksanakan. Selain untuk mengecek keamanan rumah, juga hasil dari perelek sangat membantu bagi kematian warga dan kondisi saat warga sakit," sebut wanita yang tak pernah lepas dari jilbab tersebut. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: