Diduga Akibat Konsleting Listrik, Satu Ruko di Desa Cieurih Cidahu Hampir Ludes Terbakar

Diduga Akibat Konsleting Listrik, Satu Ruko di Desa Cieurih Cidahu Hampir Ludes Terbakar

Sebuah bangunan ruko di Dusun Wage RT01 RW04, Desa Cieurih, Kecamatan Cidahu, Kuningan hampir ludes dilalap si jago merah, Senin 10 Juli 2023 sekitar pukul 13.30.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Sebuah bangunan ruko di Dusun Wage RT01 RW04, Desa Cieurih, Kecamatan Cidahu, Kuningan hampir ludes dilalap si jago merah, Senin 10 Juli 2023 sekitar pukul 13.30.
 
Untungnya, warga berhasil memadamkan api menggunakan peralatan seadanya. Akibat kejadian ini, pemilik ruko, Mumu mengalami kerugian sebesar Rp20 juta.
 
 
Pemilik ruko, Mumu mengatakan, ruko yang terbakar adalah tempat penyimpanan kendaraan dan barang/sperpart kendaraan. Di lantai dua ruko dijadikan tempat tinggal. Saat kejadian dirinya sedang berada dari ruko yang terbakar. 
 
"Ketika kejadian, saya ada di bengkel yang satunya. Selama ini ruko tersebut digunakan untuk menyimpan sparepart kendaraan," kata Mumu saat memberikan keterangan kepada petugas 
 
Api pertama kali dilihat oleh Azis, pelajar yang sedang melakukan PKL di bengkel milik korban. Saat melintas hendak membeli makan, saksi melihat kepulan asap tebal dari lubang ventilasi di ruko bengkel milik Mumu.
 
Melihat kepulan asap dari dalam ruko, saksi bergegas putar arah dan memberitahukan peristiwa itu kepada pemilik ruko.
 
 
 
Mendapat laporan, Mumu langsung pulang mengecek ke lokasi kebakaran. Tiba di lokasi kejadian, Mumu segera membuka semua rolingdoor dan melakukan pemadaman dibantu warga setempat menggunakan air dan peralatan seadanya.
 
Setelah 30 menit berjuang, akhirnya api berhasil dipadamkan. 
 
Petugas Damkar tiba di lokasi setelah mendapat laporan dari Kepala Desa Cieurih,  Mujahidin. UPT Damkar mengerahkan sebanyak 4 personil anggota piket dari jajaran piket regu 2 dan 1 randis Damkar. Saat tiba di lokasi ternyata api sudah padam. 
 
"Kami datang sekitar pukul 14.25, dan ternyata api sudah berhasil dipadamkan warga. Kami kemudian melakukan infeksi pemeriksaan di lokasi kejadian. Yang terbakar hanya mesin cuci shofa, instalasi listrik, dan 4 unit kendaraan motor hanya terbakar 30 persen," terang Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi. 
 
 
 
Menurut Khadafi, kondisi bangunan ruko tidak terbakar. Kemudian setelah dilakukan pendataan dan pengumpulan bukti serta keterangan saksi di lapangan, penyebab kebakaran diduga dari konsleting listrik dari colokan mesin cuci yang masik ON dan ditinggalkan pemiliknya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: