Ini Hasil Survei Jamparing Research, Ternyata 83,6 Persen Masyarakat Kuningan Puas Kinerja Bupati dan Wabup

Ini Hasil Survei Jamparing Research, Ternyata 83,6 Persen Masyarakat Kuningan Puas Kinerja Bupati dan Wabup

Selain melakukan survei Capres dan Cawapres, Jamparing Research juga menyurvei terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bupati H Acep Purnama dan Wakil Bupati HM Ridho Suganda.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Selain melakukan survei Capres dan Cawapres, Jamparing Research juga menyurvei terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bupati H Acep Purnama dan Wakil Bupati HM Ridho Suganda.

Dari hasil survei diketahui jika tingkat kepuasan masyarakat Kuningan terhadap kinerja duet pasangan Acep dan Ridho mencapai angka 83,6 persen,   

BACA JUGA:Jamparing Research Survei Warga Kuningan, Hasilnya, Anies Baswedan Tertinggi, Disusul Prabowo dan Ganjar

BACA JUGA:Diduga Akibat Puntung Rokok yang Menyala, Kebakaran di Desa Dukuh Maja Kuningan Tewaskan Anak Pemilik Rumah

Hasil survei ini disampaikan Ketua Jamparing Research, Sohib Muslim dan Direktur Jamparing Topic Offirston saat Milangkala ke 5 di Gedung IPHI Kuningan, Sabtu siang 8 Juli 2023. Sohib menjelaskan, survei yang dilakukan lembaganya antara lain, tentang pengetahuan masyarakat Kabupaten Kuningan mengenai tentang Pemilu.

Kemudian juga seberapa tertarik masyarakat Kuningan  terhadap politik dan pemerintahan nasional maupun lokal. Hasilnya  menyatakan masyarakat yang tertarik sebanyak 20 persen.

”Untuk Capres mencapai 94,67 persen, simulasi Capres-Cawapres, elektabilitas partai politik di tiap level, tentang kinerja Anggota DPRD Kabupaten Kuningan, kinerja Kepolisian di Kabupaten Kuningan, dan tentang keluhan masyarakat terkait gangguan keamanan,” jelas Sohib, Sabtu 8 Juli 2023.

BACA JUGA:Kisah Almarhum H Mashud Wisnusaputra, Suhu Intelejen Indonesia yang Sangat Cinta Kuningan, Begini Cerita Eman

BACA JUGA:Hadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional, Wapres Ma'ruf Amin: Keluarga Kunci Atasi Stunting

Sohib menyebutkan, pihaknya juga melakukan survei bagaimana kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bupati dan Wakil Bupati Kuningan. Berdasarkan data survei, masyarakat yang menyatakan cukup berarti Standar Pelayanan Minimal (SPM) telah terpenuhi 

""Sehingga  dapat menjumlahkan persentase Sangat Puas, Puas dan Cukup. Hasilnya adalah 83,6%.  Artinya, kepuasan masyarakat Kabupaten Kuningan atas kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati saat ini sebesar 83,6 persen. Ini termasuk kategori BAIK," ujar Sohib Muslim 

Kemudian untuk kehidupan beragama di Kabupaten Kuningan tahun 2022, berdasarkan data  yang berpendapat Toleran dan Saling Menghargai sebesar 80,3% dan yang menyatakan Biasa Saja yang artinya kondusif sebesar 14,8 persen.

"Jika pernyataan ini dijumlahkan akan menghasilkan angka sebesar 95,1%. Ini berarti Kehidupan Umat Beragama di Kuningan Sangat Baik," sebut Sohib.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Raih Tanda Kehormatan Tertinggi Satyalancana Wira Karya Tahun 2023

BACA JUGA:Mobil Unit Penerangan BKKBN Wujudkan Kehadiran Negara di Masyarakat

Menurut Sohib, survei dilaksanakan di 32 Kecamatan di Kabupaten Kuningan mulai dari tanggal 12 hingga 22 Juni 2023, dengan  Metodologi yang digunakan adalah Multistage Random Sampling.

Jumlah sampel adalah 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat dan untuk Margin of error ± 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

"Untuk wawancara dilakukan secara tatap muka langsung menggunakan kuesioner oleh surveyor. Kendali mutu dilakukan secara berlapis mulai dari proses rekrutmen dan pelatihan surveyor, pengumpulan data, spotcheck lapangan, hingga validasi dan verifikasi pasca pengumpulan data (callback)," jelas Sohib 

Menanggapi hasil survei, Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda menyampaikan rasa syukur,  dan berterima kasih  kepada Jamparing yang telah menyajikan data yang valid. Sehingga data tersebut dapat menjadi panduan dalam melaksanakan tugas untuk lebih baik lagi.

BACA JUGA:INNALILLAHI, Ini Kabar Duka, Satu Jamaah Haji Asal Kloter 21 Kuningan Wafat di RS King Abdul Aziz Arab Saudi

BACA JUGA:Duduki Nomor Urut Satu dari Gerindra, H Rokhmat Ardian Resmi Maju Jadi Bacaleg DPR RI Dapil Jabar X

“Ini  menjadi motivasi dan semangat bagi kami (pemerintah) untuk meningkatkan pelayanan publik, tentu dengan  melibatkan  stakeholders. Sehingga dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat. Kami yakin masih bisa mengambil langkah-langkah strategis ke depan yang akan lebih dirasakan, meskipun terdapat keterbatasan di sisi keuangan,” ujar Wabup Ridho.

Wabup mengatakan, hasil survei ini akan menjadi motivasi yang kuat. "Kendati, tersisa sisa lima bulan ke depan, pemerintah akan melakukan langkah-langkah yang lebih strategis untuk terus meningkatkan kepuasan masyarakat," janji Wabup Ridho. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: