Kebakaran Lahan di Sindangjawa Hanguskan Ratusan Pohon Produktif, Kapolres-Wakapolres Kuningan Turun Tangan

Kebakaran Lahan di Sindangjawa Hanguskan Ratusan Pohon Produktif, Kapolres-Wakapolres Kuningan Turun Tangan

Petugas UPT Damkar Satpol PP Kuningan sedang bekerja keras memadamkan api yang membakar lahan di Desa Sindangjawa, Kadugede, Kuningan, Sabtu malam 9 September 2023?--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Ratusan pohon produktif di tanah bengkok milik Pemdes Sindangjawa, Kecamatan Kadugede, Kuningan, Jawa Barat, tak bisa lagi diselamatkan. Sebab, aneka jenis pohon yang ditanam di lahan tersebut menjadi arang setelah dilalap si jago merah.

Peristiwa kebakaran di tanah bengkok itu terjadi pada Sabtu malam 9 September 2023 sekitar pukul 18.10. Dari perhitungan UPT Damkar Satpol PP Kuningan, total kerugian mencapai Rp80 juta. Penyebab kebakaran diduga ulah orang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:Ada Darah Madura dan Kuningan di Tubuh Rachmat Irianto, Pemain Persib Bandung dan Timnas Indonesia

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, Mh Khadafi menerangkan kronologis kejadiab yang mengakibatkan ratusan pohon musnah terbakar.

Api kali pertama dilihat warga muncul di lahan bengkok sekitar pukul 18.10. Warga dan aparat desa berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. 

Meski sudah berusaha keras, namun kobaran api tak bisa dipadamkan. 

Kepala Desa Sindangjawa, Oom Komariah menghubungi pihak Polsek Kadugede dan Kasi Trantib Kecamatan Kadugede untuk meminta bantuan penanganan.

BACA JUGA:Bintang Persib, Rachmat Irianto Keturunan Kuningan, Ade Lesmana: Pesepakbola Kuningan Harus Punya Mimpi

Pihak Polsek langsung menghubungi Polres sedangkan Kasi Trantib Kecamatan Kadugede melaporkan ke UPT Damkar.

Setelah menerima laporan kejadian anggota piket regu 3 UPT. Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan sebanyak 6 anggota berangkat ke lokasi menggunakan KR4 1 Unit dan KR 2 sebanyak 2 unit.

Tiba di lokasi kebakaran, petugas Damkar  langsung melakukan pemadaman dan pendinginan api bersama pihak Polres.

Kapolres KuninganAKBP Willy Andrian didampingi Wakapolres Kompol Ricky Adi Pratama memimpin langsung anggota Dalmas sebanyak 1 kompi. Pihak BPBD Kuningan juga mengirimkan personilnya untuk membantu pemadaman 

BACA JUGA:Rachmat Irianto, Bintang Persib Bandung Keturunan Kuningan, Bikin Warga Desa Pakembangan Bangga

"Api dapat dipadamkan pukul 21.05 WIB. sampai dilakukan pemeriksaan bahwa api benar padam. Dari pengumpulan bukti, menanyakan saksi-saksi di lokasi bahwa luas lahan yang terbakar 6 hektare. Penyebab kebakaran diduga diakibatkan adanya orang yang membakar lahan secara sengaja dan bertanggun jawab," tegas Khadafi, Minggu 10 Septembet 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: