Cara Menhub Budi Karya Agar Bandara Kertajati Tak Mati Suri Lagi

Cara Menhub Budi Karya Agar Bandara Kertajati Tak Mati Suri Lagi

Cara Menhub Budi Karya Sumadi agar Bandara Kertajati tidak mati suri. -Baehaqi-radarkuningan.com

BACA JUGA:Kenangan Teman Kecil Tentang Anies Baswedan Sebut-sebut Soal Perbaikan Gizi

Selain itu, menhub mengajak agar stakeholder mulai dari Kementerian Agama, Angkasa Pura hingga biro travel untuk membuka penerbangan umrah di Bandara Kertajati. Sebab, di Soekarno Hatta bisa dibilang sudah padat. 

Budi Karya menekankan, meramaikan Bandara Kertajati menjadi kewajiban bersama. Sebab, ini adalah bandara kebanggaan masyarakat Jawa Barat dan Indonesia.

Diungkapkan Budi Karya Sumadi, bandara ini memiliki potensi 20 juta penumpang per tahun. Sebab itu, tidak heran kalau sudah ada 3 calon investor yang berminat menanamkan equity-nya di PT BIJB Perseroda.

Menurutnya, bandara ini memang tidak bisa berdiri sendiri. Tapi regional melayani Bandung Raya, Sumedang, Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal, Tasik dan Garut. Sehingga captive area dan jumlah penumpang bisa berbanding lurus.

BACA JUGA:Ketika Burjo Kuningan Merambah Pulau Jawa, di Jogjakarta Ada 1.500 Warung

Rencananya ke depan, pengoptimalan Bandara Kertajati juga akan dilakukan dengan pengalihan sebagian penerbangan umrah. Apalagi pasar dari Provinsi Jawa Barat untuk ke Tanah Suci sangat besar.

"Di Jawa Barat 30 - 40 persen jemaah umrah, bandara ini menjadi alternatif. Kita sudah memindahkan haji ke Kertajati dan ke depan akan ditambah," ungkapnya. 

Karena itu, Menhub mendorong semua pihak berkolaborasi untuk menjalankan program pemindahan penerbanhan ini dengan baik. 

"Bandara ini 200 kilometer dari Jakarta. Kalau dihitung captive area mulai dari Karawang, Bandung, Sumedang, Tasik, Brebes, Tegal, Indramayu dan Cirebon," ujarnya.

BACA JUGA:Tempat Ngopi di Kuningan yang Hits, Ada di Ketinggian 1.095 MDPL

Dengan didukung captive market bisa 20 juta lebih. Pasar yang besar ini, pasti akan membuat bangkitan lalu lintas orang mau pergi dari dan ke Kertajati.

"Kita baru mulai, turis Malaysia banyak datang. Berikutnya haji dan umrah," tandas Menhub Budi Karya. 

Seperti diketahui, Bandara Kertajati mulai beroperasi secara penuh pada 29 Oktober 2023 nanti. Bandara ini melayani penerbangan domestik sebanyak 7 rute dan 1 penerbangan internasional. 

Sebanyak 5 maskapai dari dalam negeri maupun internasional akan beroperasi di Bandara Kertajati Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: