Catlovers Harus Hati-hati! 7 Penyakit Kucing Ini Ternyata Bisa Menular Ke Manusia

Catlovers Harus Hati-hati! 7 Penyakit Kucing Ini Ternyata Bisa Menular Ke Manusia

Daftar penyakit kucing yang bisa menular ke manusia.-Istimewa-radarkuningan.com

3. Ringworm (Kurap)

Kucing dapat terkena kurap, suatu infeksi jamur (dermatophytosis) yang menyebabkan bercak bersisik pada kulit kucing, meskipun bercak tersebut mungkin tidak terlihat karena tertutupi rambut. Pada manusia, kurap menimbulkan bercak bersisik, merah, dan berbentuk cincin pada kulit.

Manusia yang bersentuhan langsung dengan kucing yang menderita kurap memiliki risiko tertular, menjadi salah satu infeksi yang dapat membahayakan kesehatan.

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Kulit pada Kucing: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Kucing cenderung lebih sering menyebarkan kurap daripada anjing, dan risikonya lebih tinggi pada anak kucing, kucing yang lebih tua, atau kucing yang memiliki bulu panjang atau tinggal bersama banyak kucing lain.

Hewan dapat terkena kurap jika bulunya sering basah atau kurang terjaga kebersihannya, maka penting untuk waspada terhadap gejala kurap pada kucing, seperti adanya area berkerak dengan bentuk melingkar dan rontoknya bulu.

Jika kucing terinfeksi, segera bawa ke fasilitas atau klinik kesehatan hewan, serta lakukan pembersihan menyeluruh di rumah untuk menghindari sisa spora jamur.

Untuk perawatan kurap pada manusia dapat dilakukan dengan menggunakan salep antijamur yang dirancang khusus untuk mengurangi sensasi gatal pada kulit.

BACA JUGA:'Mengapa Kucing Tidak Mau Makan?' Ini Penjelasan dan Tindakan Cepat yang Perlu Dilakukan

Penting bagi individu yang mengalami infeksi ini untuk berkonsultasi dengan tenaga medis agar dapat memperoleh rekomendasi pengobatan yang sesuai dan memastikan pemulihan yang optimal.

4. Infeksi Cacing Tambang

Infeksi oleh jenis cacing tambang, seperti hookworm, memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di sepanjang saluran pencernaan kucing dan anjing.

Saat berada di dalam usus hewan, telur cacing tambang kemudian dikeluarkan bersama dengan feses kucing dan anjing. 

Pada manusia yang terkontaminasi oleh hookworm, dampaknya bisa mencakup berbagai gejala, mulai dari pendarahan hingga rasa gatal yang luar biasa.

BACA JUGA:6 Alasan Kenapa Kucing Suka Mencakar Sofa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: