Catlovers Harus Hati-hati! 7 Penyakit Kucing Ini Ternyata Bisa Menular Ke Manusia

Catlovers Harus Hati-hati! 7 Penyakit Kucing Ini Ternyata Bisa Menular Ke Manusia

Daftar penyakit kucing yang bisa menular ke manusia.-Istimewa-radarkuningan.com

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan obat anti parasit sebagai langkah pencegahan dan penanganan untuk melawan infeksi cacing ini.

Konsultasikan dengan profesional kesehatan hewan atau dokter untuk mendapatkan rekomendasi obat yang sesuai dan langkah-langkah pengobatan yang diperlukan.

5. Flea Bites Dermatitis

Alergi pada kucing adalah keadaan umum yang muncul ketika sistem kekebalan tubuh merespons alergen dengan cara yang berlebihan atau sangat sensitif.

Terdapat empat jenis alergi yang sering terjadi, yakni terkait dengan serangga atau kutu, makanan, inhalan, dan kontak.

BACA JUGA:Penyebab Kucing Tidak Mau Makan, Pemilik Kucing Harus Tahu!

Setiap jenis alergi menunjukkan gejala khas pada kucing, sebagai contoh yaitu dermatitis akibat gigitan kutu adalah reaksi alergi terhadap protein dan antigen tertentu yang terdapat dalam air liur kutu yang menggigit kucing.

Meskipun gigitan kutu biasanya hanya menyebabkan iritasi kulit ringan pada kucing biasa, namun pada kucing yang alergi terhadap air liur kutu, reaksi yang terjadi bisa sangat parah.

Gejalanya melibatkan rasa gatal yang intens, yang mendorong kucing untuk menggaruk, menggigit, atau menjilat area yang terkena berlebihan.

Konsekuensinya termasuk kerontokan bulu, luka terbuka, atau koreng pada kulit, yang dapat menyebabkan infeksi sekunder menyebar.

BACA JUGA:Campuran Kucing Persia dan Kucing Kampung Begini Jadinya, Ada Kombinasi Sifat dan Daya Tahan Tubuh

Maka dari itu rutinlah selalu untuk melakukan perawatan dan memandikan kucing supaya kesehatan dan kebersihannya terjaga.

6. Penyakit cakar kucing (cat scratch disease)

Penyakit cakar kucing disebabkan oleh infeksi bakteri Bartonella henselae, bakteri ini tidak hanya dapat menyebar ke manusia melalui gigitan atau cakaran kucing, tetapi juga melalui bulu kucing.

Jika kamu mengelus bulu kucing yang terkontaminasi bakteri dan tanpa disadari langsung menyeka mata, kamu berisiko terkena penyakit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: