Catlovers Harus Hati-hati! 7 Penyakit Kucing Ini Ternyata Bisa Menular Ke Manusia

Catlovers Harus Hati-hati! 7 Penyakit Kucing Ini Ternyata Bisa Menular Ke Manusia

Daftar penyakit kucing yang bisa menular ke manusia.-Istimewa-radarkuningan.com

Penyakit cakar kucing dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius pada individu dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti penderita HIV/AIDS atau pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

BACA JUGA:Hati-Hati! Virus dari Kucing Ini Memiliki Risiko Berbahaya untuk Ibu Hamil

Apabila terjadi infeksi, mungkin muncul tanda-tanda seperti pembengkakan kelenjar getah bening, rasa nyeri di sekitar luka, demam, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, kelelahan, serta kehilangan nafsu makan.

Disarankan untuk menghindari cakaran dan gigitan dari kucing, dan selalu mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun setelah berinteraksi dengan kucing.

7. Rabies

Rabies merupakan penyakit hewan yang cukup umum dan sering terjadi, umumnya penyakit ini biasanya menular melalui gigitan anjing dan kucing.

Virus penyebabnya adalah lyssaviruses, dan penularannya hanya mungkin terjadi dari hewan ke manusia jika hewan tersebut sudah terinfeksi.

BACA JUGA:WASPADA! Ternyata Ada Penyakit dan Virus Kucing yang Bisa Menular Pada Kulit Manusia Loh

Rabies pada kucing dan anjing memiliki perbedaan mendasar dalam tingkah laku keduanya. Jika anjing umumnya menunjukkan tingkah hiperaktif ketika terinfeksi rabies, kucing cenderung lebih tenang.

Tanda-tanda yang paling mencolok pada kucing meliputi rasa haus yang berlebihan, kegelisahan yang konstan, dan perilaku yang tidak biasa.

Jika kucing menunjukkan gejala-gejala tersebut, segera bawa ke dokter hewan, dan penting juga untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan kucing dengan baik setiap hari.

Walaupun penyakit kucing yang dapat menular ke manusia jarang terjadi, dengan kamu memahami beberapa penjelasan penyakit diatas serta langkah-langkah pencegahannya merupakanaspek penting dalam memastikan hubungan yang sehat antara kucing dan pemiliknya.

BACA JUGA:Pemilik Anabul Harus Tahu! Ini Macam-macam Penyakit Kucing dan Ciri-cirinya

Berkunjung secara teratur ke dokter hewan, menjalani vaksinasi, dan menjaga kebersihan kandang kucing dengan baik merupakan upaya yang dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit.

Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan hewan guna mendapatkan informasi lebih lanjut tentang tindakan pencegahan yang diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: