Ini Dia Rute Jalur Kereta Api Cirebon - Kadipaten yang Disinggung Soal KA Bandara Kertajati

Ini Dia Rute Jalur Kereta Api Cirebon - Kadipaten yang Disinggung Soal KA Bandara Kertajati

Rute Jalur Kereta Api Cirebon - Kadipaten melintasi sepanjang Jalur Pantura Cirebon mulai dari Kedawung sampai Palimanan, kemudian ke Jalan Raya Cirebon Bandung.-Istimewa-radarkuningan.com

Cirebon, RADARKUNINGAN.COM - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memiliki rute jalur kereta Cirebon - Kadipaten yang beberapa kali disinggung untuk reaktivasi, termasuk di tengah wacana KA Bandara Kertajati.

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana mengakui, pihaknya memang sering ditanya terkait kemungkinan adanya reaktivasi jalur kereta rute Cirebon - Kadipaten.

Bahkan terkait kemungkinan adanya kereta api Bandara Kertajati. Terutama untuk dukungan akses dari wilayah Cirebon Raya.

Apalagi, PT KAI Daop 3 Cirebon menurut sejarah memang memiliki jalur kereta api Cirebon Kadipaten.

BACA JUGA:6 Bulan Sekali Kawin, Sekali Lahiran 12, Sterilisasi Kucing Liar Sungguh Mendesak Dilakukan

Namun keberadaan jalur nonaktif tersebut tentu memerlukan observasi lebih lanjut dan menjadi kewenangan dari pemerintah. Sebab, PT KAI hanya bertindak dari sisi operator.

"Memang belum ada kabar bahwa akan ada KA Bandara Kertajati dari Cirebon atau sebaliknya," tuturnya.

Meski demikian, Dicky tidak menutup kemungkinan terkait di masa datang akan ada jalur kereta tersebut. Tentunya dengan 2 opsi yakni melakukan reaktivasi atau menggunakan jalur baru.

Sementara itu, berdasarkan sejumlah sumber sejarah yang didapatkan radarkuningan.com, Jalur Kereta Cirebon Kadipaten ternyata melintasi area sekitar Jalan Pantura dan Jalan Raya Cirebon Bandung.

BACA JUGA:Lebih Sayang Kambing, Pasangan Pengantin Itsbat Nikah Ini Tolak Voucher Nginap di Hotel dari Bupati Kuningan

Trase jalur Kereta Cirebon Kadipaten diawali dari Kedawung 1+605, lanjut ke Tengahtani Km 5+693, Pasalaran Km 7+477, Plumbon Km 11+014, Jamblang km 13+269, Jamblang Pasar Km 14+014.

Kemudian terdapat jalur di Jamblang Pecinan tetapi tidak diketahui pada posisi km berapa, begitu juga di Klangenan tidak diketahui ada di posisi km berapa. Jalur ini juga memiliki percabangan ke Km 0+000 Gunung Giwur.

Berikutnya Palimanan Km 16+050, Kedungbunder Km 19+097, Ciwaringin Km 22+200, Prapatan Km 24+866, Bongas Km 29+212, Palasah Km 32+270. Cibolerang Km 36+200, Jatiwangi Km 36+931.

Kemudian Baturuyuk Km 40+700, Kasokandel Km 43+100, Cideres Km 45+608 dan Kadipaten Km 48+575.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: