Misteri Gunung Ciremai, Harimau Jawa Dinyatakan Punah, Macan Tutul Bertahan Hidup

Misteri Gunung Ciremai, Harimau Jawa Dinyatakan Punah, Macan Tutul Bertahan Hidup

Gunung Ciremai diduga pernah menjadi habitat dari Harimau Jawa. -BKSDA-radarkuningan.com

BACA JUGA:Desa di Lereng Gunung Ciremai Ini Pernah Diserang Harimau, Juga Sempat Ketakutan Naik Haji

Dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, Didik meyakini Harimau Jawa masih ada. Masyarakat pun beberapa kali 'melaporkan' penampakan Si Maung itu.

Pada medio 2014 silam, Kristianto (54), pertapa warga Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah melakukan pengembaraan selama 38 hari di kawasan puncak Gunung Ciremai.

Saat turun gunung, dia berulangkali melihat persis seekor harimau melintas di sekitar 20 meter dari tempatnya berdiri.

"Sosok hewan yang telah beberapa kali saya saksikan jelas adalah harimau bukan macan. Corak warna bulunya juga terlihat jelas belang hitam dan kuning, bukan totol-totol," ungkap Kristianto saat itu.

BACA JUGA:Sederet Bukti Harimau Jawa Belum Punah, Ada Bukti Foto Tahun 2019 yang Bikin Geger

Memang keberadaan Harimau Jawa di Gunung Ciremai belum pernah terungkap. Karena memang tidak tak ada data akurat yang bisa diverifikasi.

Sejak gunung ini menjadi taman nasional pada 2004 sampai sekarang, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai rutin melakukan identifikasi dan inventarisasi flora dan fauna. Caranya melalui pengamatan langsung maupun kamera trap.

Hasilnya pun masih nihil untuk mendeteksi keberadaan si belang di Gunung Ciremai. Sangat sulit mengungkap keberadaan Harimau Jawa. Mungkin memang sudah punah?

Memang masih misteri. Hanya ada pertanyaan yang belum pernah ada jawaban yang masuk akal hingga sekarang. Mengapa Harimau Jawa dinyatakan punah, tetapi Macan Tutul Jawa tidak? 

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Upah Minimum Provinsi Jawa Barat 2024 Ditetapkan, Naik Cuma Rp 70 Ribu

Nah, inilah misteri Gunung Ciremai dan para penghuninya. Termasuk Harimau Jawa dan Macan Tutul Jawa yang ada di dalamnya.

Ayo, lindungi flora dan fauna Indonesia, termasuk di Gunung Ciremai! Supaya tak mengalami nasib seperti Harimau Jawa.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: