Gempa Bumi Sumedang Terkini, Sudah 3 Kali Guncangan, Paling Besar 4,8 Magnitudo

Gempa Bumi Sumedang Terkini, Sudah 3 Kali Guncangan, Paling Besar 4,8 Magnitudo

Kondisi gempa bumi Sumedang terkini, sejumlah pasien di rumah sakit sempat dievakuasi keluar. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Gempa bumi Sumedang terkini, dilaporkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan, Minggu malam, 31 Desember 2023.

Kejadian gempa bumi tektonik di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang ketiga kalinya terjadi pada pukul 20.34 WIB.

Setelah 2 kali kejadian gempa tektonik dangkal pada pukul 14.35 WIB dengan kekuatan 4,1 magnitudo dan pukul 15.38 WIB dengan kekuatan 3,8 magnitudo.

Hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi terkini berkekuatan Magnitudo 4,8.

BACA JUGA:Jah Bless The Dam di Waduk Darma, Pengelola: Demi Kepuasaan Pengunjung

Episenter terletak pada koordinat 6.85 LS dan 107.94 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2 km Timur Laut Kabupaten Sumedang pada kedalaman 5 km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar aktif wilayah setempat.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat.

BACA JUGA:6 Jenis Tanaman yang Disukai Makhluk Halus, Hiii Ngeri, Ada Dekat Rumah Kamu?

Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas III - IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu - Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Di Lembang dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Di Subang dan Kota Bandung  dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: