BAKAL KEREN, Cegah Longsor, Tebing Bukit Kembar Jalintim Kuningan Bakal Ditanam Rumput Vetiver

BAKAL KEREN, Cegah Longsor, Tebing Bukit Kembar Jalintim Kuningan Bakal Ditanam Rumput Vetiver

Bukit kembar yang berada di sisi kiri dan kanan jalan lingkar timur (Jalintim) akan dipasang rumput vetiver untuk mencegah longsor dan juga supaya lebih indah. (Agus Sugiarto)--

Dudung mengatakan, pemapasan bukit sepenuhnya sudah selesai dilakukan oleh rekanan. Yang masih belum beres yakni perapihan bukit dengan memasang bisting atau saluran beton di setiap trap tanah.

Saluran ini berfungsi mengalirkan air dari titik tertinggi hingga ke titik terendah yang berada di dasar tebing. 

Kemudian juga badan bukit akan ditanam rumput Vetiver untuk mencegah terjadinya longsor dan juga keindahan.

Rumput jenis ini dikenal kuat dan mampu menangkal longsor tebing. Rumput Vetiver sendiri banyak digunakan oleh Kementrian PUPR. 

BACA JUGA:Menteri Basuki Pastikan Tol Cisumdawu Aman, Terowongan Tidak Retak Pasca Gempa Sumedang

"Penanaman rumput vetiver sudah diaplikasikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di sepanjang ruas jalan tol. Dengan kondisi lereng atau tebing yang rawan longsor atau erosi," katanya.

Langkah ini bukan saja efektif tetapi juga tidak menguras biaya besar dibandingkan dengan pencegahan dengan cara rekayasa geoteknologi. 

"Semua perbaikan ini masih tanggung jawab rekanan. Nantinya bukit yang ada di sebelah kiri dan kanan jalan akan terlihat hijau setelah dipasang rumput Vetiver. Begitu juga saluran drainase yang rusak, harus diperbaiki kembali seperti semula," sebut Dudung. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: