Kampung Adat Ini Unik dan Lucu, Terkenal Banyak Pamali, Lokasinya di Daerah Aliran Sungai

Kampung Adat Ini Unik dan Lucu, Terkenal Banyak Pamali, Lokasinya di Daerah Aliran Sungai

Kampung Mahmud berlokasi di RW 04 Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung memiliki banyak keunikan.-Istimewa-radarkuningan.com

BACA JUGA:7 Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar, Mudah Banget!

Dahulu, kawasan kampung tersebut berupa delta yang terletak di belokan Sungai Citarum. Delta yang dimaksud berupa rawa yang labil dengan letak tanah lebih rendah bila dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

Sungai Citarum kemudian diluruskan dengan cara membangun saluran menuju sungai Citarum baru. Kemudian menimbun sungai Citarum lama yang terletak di depan kawasan Kampung Mahmud.

Rumah penduduk dibuat secara berkelompok dan berada di bagian selatan sungai Citarum baru. Selain rumah penduduk ada juga sekolah, masjid, balai, kamar mandi cuci kakus, pekuburan, kebun dan jalan raya. 

Semuanya membentuk kesatuan pola pemukiman yang sangan fungsional untuk penghuninya. Rumah penduduk adalah unsur yang sangat dominan dalam perkampungan.

BACA JUGA:5 Tanda Kucing Sangat Senang dengan Pemiliknya, Lebih dari Apapun!

Rumah terletak secara berkelompok, tidak ada aturan tentang arah rumah.
Rumah penduduk dibedakan menjadi tiga kategori. Yakni rumah asli sebagai kategori pertama.

Terdiri dari rumah berbentuk panggung dengan bahan bangunan utama berasal dari bambu, dinding terbuat dari bilik, jendela kayu, dan lantai palupuh.

Kategori kedua rumah asli dengan sentuhan modifikasi. Biasanya berlantai papan. Ketiga, rumah permanen.

Bangunan rumah di Kampung Mahmud memiliki ciri khas berbentuk huruf L dengan sumur tradisional sebagai pelengkap.

BACA JUGA:Unik! Ternyata Ini 5 Cara Kucing Mengenali Kamu Sebagai Majikannya yang Jarang Disadari

Membuat sumur pada akhirnya tidak tabu lagi, karena Sungai Citarum dewasa ini sudah dicemari oleh limbah. Sumur yang dibuat di samping atau di belakang rumah dengan pengamanan pagar yang terbuat dari bambu.

Itulah Kampung Mahmud, salah satu kampung adat di Jawa Barat. Sebaiknya, masayarakat harus merefleksi peningkatan kesadaran dan melindungi hak-hak masyarakat adat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: