Cerita Lutung Kasarung Berasal dari Kuningan? Ada 2 Tempat yang Identik, Palutungan dan Ini...

Cerita Lutung Kasarung Berasal dari Kuningan? Ada 2 Tempat yang Identik, Palutungan dan Ini...

Salah satu versi cerita Lutung Kasarung disebut berasal dari Kuningan. Foto hanya ilustrasi.-Istimewa-radarkuningan.com

Di daerah ini memang banyak terdapat lutung yakni kelompok monyet Dunia Lama yang membentuk genus Trachypithecus.

BACA JUGA:Diskusi Seniman Cirebon Raya untuk Hasilkan Cuan, Bahas Peluang Komersil dari Hasil Karya

Secara garis besar, lutung tersebar di dua wilayah: Asia Tenggara dan India selatan berikut Sri Lanka. Lutung berbadan langsing dan berekor panjang.

Di Kabupaten Kuningan, lutung memang mudah ditemukan di kawasan hutan. Tidak terkecuali di Palutungan yang merupakan hutan pinus.

Selanjutnya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Ciaari yang juga dikaitkan dengan legenda Lutung Kasarung. Tempat-tempat yang disebutkan dalam legenda tersebut, diyakini berada di desa itu.

Desa itu sudah dikenal sejak Prabu Siliwangi, meski hingga sekarang belum ada bukti sejarahnya. Yang ada hanya syair-syair tentang keagungan penguasa Kerajaan Pajajaran tersebut.

BACA JUGA:VIRAL Ada Belatung di Mie Gacoan Cirebon, Klarifikasi Manajemen: Sedang Investigasi

Pudentia M. P. S. S. menulis dalam karyanya yang berjudul Transformasi Sastra: Analisis Atas Cerita Rakyat “Lutung Kasarung”, bahwa “Cerita Lutung Kasarung merupakan cerita yang kemungkinan mengalami transformasi kesastraan.”

Jadi, cerita ini tidak baku karena terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu, terlebih di saat tradisi tulisan belum sekuat tradisi lisan yang memang telah mendarah daging dalam kebiasan masyarakat kita. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: