Inilah 3 Penyakit yang Menjadi Penyabab Bercak Coklat di Daun Janda Bolong serta Cara Mengatasinya

Inilah 3 Penyakit yang Menjadi Penyabab Bercak Coklat di Daun Janda Bolong serta Cara Mengatasinya

Inilah 3 Penyakit yang Menjadi Penyabab Bercak Coklat di Daun Janda Bolong serta Cara Mengatasinya-ist/MonsteraPlant.net-radarkuningan.com

Untuk kalian yang menemukan bercak hitam atau coklat pada tanaman hias kalian, segera potong bagian tersebut agar tidak menyebar ke bagian lainnya.

2. Bakteri bercak daun

Munculnya bintik-bintik kecil berwarna cokelat tua dengan garis kuning di daun janda bolong adalah tanda bakteri bercak daun. 

BACA JUGA:Begini Cara Membuat Tanaman Janda Bolong Kembali Tegak, Ternyata Ini 3 Penyebab Monstera Bisa Layu

BACA JUGA:Diberi 4 Hari Sekali, Ikutin Tips Pemupukan Tanaman Janda Bolong agar Tumbuh Subur Berikut

Garis-garis yang terbuat dari cairan lengket ini tampaknya berukuran sama. Penyebab utama penyakit ini adalah bakteri yang sangat menyerang di tempat yang hangat dan basah.

Dan untuk mengatasi penyakit pada monstera adansonii ini, kalian bisa menciptakan lingkungan hidup yang sehat untuk tanaman.

Terlalu basah dapat mengundang patogen dan mempercepat penyebaran penyakit. Untuk menjaga sirkulasi udara yang baik, letakkan beberapa tanaman janda bolong di sekitar untuk memungkinkan pemulihan cepat.

 

3. Karat daun

Dan penyakit yang menjadi penyebab bercak coklat di daun janda bolong adalah karat daun.

BACA JUGA:Berikut 5 Fakta dan Mitos Tanaman Janda Bolong yang Perlu Kamu ketahui Sebelum Pelihara di Rumah

BACA JUGA:7 Jenis Tanaman Hias Dengan Daun Berlubang yang Mirip Janda Bolong, Tertarik Buat Koleksi?

Daun tanaman janda bolong mengalami bintik-bintik kuning pada tahap awal penyakit karat daun.  Seiring waktu, titik-titik ini berkembang dan berubah menjadi lepuhan cokelat atau merah.  

Bintik-bintik karat daun dapat menyerang batang tanaman selain daun. Parasit jamur menyebabkan karat pada tanaman. Mikroorganisme ini tidak bergerak dan bertahan dalam lingkungan yang lembab.

Penyakit ini paling mudah untuk diatasi, yaitu kalian cukup menggunakan fungisida pada janda bolong di rumah.

Semprotkan fungisida yang sesuai ke tanaman yang terkena cahaya. Saat melakukan ini, baca dengan cermat dan ikuti semua instruksi yang tercantum pada kemasan produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: