Hati-Hati Jika Sedang Mencari Mobil Bekas, Bisa Jadi Ada Indikasi Bekas Terendam Banjir! Ini Ciri-Cirinya!

Hati-Hati Jika Sedang Mencari Mobil Bekas, Bisa Jadi Ada Indikasi Bekas Terendam Banjir! Ini Ciri-Cirinya!

ciri mobil bekas banjir-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

Selanjutnya, periksa juga kondisi interior mobil. Biasanya, meskipun sudah dibersihkan dan dikeringkan, mobil bekas banjir akan memiliki interior yang kurang baik.

Contohnya, adanya bau tidak sedap, karpet dasar mobil yang bernoda, door trim yang rusak, serta jok yang berbau tidak sedap atau berjamur.

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Bekas Hemat dan Nyaman Cocok untuk Mudik 2024, Mulai dari 60 Juta Saja!

Bunyi Mesin Kasar

Tidak hanya dari penampilan luar dan dalam, tanda mobil bekas banjir juga dapat dikenali dari suara mesin yang dihasilkan. Mobil yang pernah terendam banjir biasanya mengeluarkan bunyi mesin yang lebih kasar dari biasanya.

Hal ini disebabkan oleh masuknya air ke dalam mesin yang kemudian bercampur dengan oli, menyebabkan gesekan berlebihan.

Bunyi kasar ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada bearing fan belt atau bearing kompresor AC.

Jika komponen ini terendam banjir, maka gemuk pelumas akan hilang dan menyebabkan bola besi menjadi kering dan korosif. Akibatnya, akan muncul bunyi kasar saat mesin beroperasi karena bearing yang berputar tidak lancar.

BACA JUGA:Jelang Mudik 2024! Berikut 5 Mobil Bekas yang Irit dan juga Nyaman Mulai dari 60 Juta Aja!

Harga Jual Terlalu Murah

Jika tergiur dengan harga jual mobil bekas yang terlalu murah, sebaiknya berhati-hati karena hal ini juga bisa menjadi tanda mobil bekas banjir. Setiap mobil memiliki harga pasarannya masing-masing, terutama mobil bekas.

Namun, jika harga yang ditawarkan jauh di bawah harga pasar, sebaiknya waspada. Kemungkinan besar mobil tersebut pernah terkena banjir.

Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu harga pasar untuk model mobil bekas yang ingin Anda beli agar tidak terjebak dalam transaksi yang merugikan.

Aroma Tidak Sedap

Air banjir yang masuk ke dalam kabin mobil akan meninggalkan aroma tidak sedap yang sulit dihilangkan. Aroma ini seringkali mirip dengan bau apek atau bau yang menyengat. Terkadang, masih terdapat endapan kotoran atau lumpur di dalam mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: