Katanya Mobil Diesel Lebih Irit daripada Mobil Bensin, Apa Iya? Ini Dia Perbandingannya!

Katanya Mobil Diesel Lebih Irit daripada Mobil Bensin, Apa Iya? Ini Dia Perbandingannya!

perbedaan mobil diesel dengan mobil bensin-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

Sementara pada mesin bensin, bahan bakar dicampur dengan udara, kemudian dicompresi oleh piston. Proses pembakaran dimulai dengan menyala nya campuran bahan bakar dan udara ini oleh api dari busi.

Performa Mesin

Perbedaan signifikan antara mesin diesel dan mesin bensin terletak pada performanya. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Mesin mobil berbahan bakar bensin umumnya memiliki akselerasi yang lebih baik dan responsif.

BACA JUGA:Mengenal Mobil JDM dari Mulai Spesifikasi, Sejarah, dan Harga, Ada yang Cuman 20 Juta Aja!

Namun, dari segi kekuatan, mesin diesel jelas lebih unggul dibandingkan mesin bensin. Mobil dengan mesin diesel seperti truk pengangkut barang atau bus, mampu membawa beban berat, melakukan perjalanan jarak jauh, dan melewati medan yang menantang dengan lebih baik.

Konsumsi Bahan Bakar

Mesin diesel dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan dengan mesin bensin. Mesin berbahan bakar solar ini mampu menghasilkan tenaga yang besar dari jumlah bahan bakar yang relatif kecil.

Selain itu, harga solar juga cenderung lebih murah daripada bensin, sehingga pengeluaran untuk bahan bakar bisa lebih hemat.

Jika Anda mencari kendaraan yang irit, maka mobil diesel bisa menjadi pilihan yang baik, terutama jika sering melakukan perjalanan jarak jauh.

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Mobil Keluarga MPV Bekas yang Cocok Dikendarai untuk Pergi Mudik, Cuman 100 Jutaan Aja!

Perawatan Mesin

Selain perbedaan dalam bahan bakar yang digunakan, mesin diesel dan mesin bensin juga memiliki perbedaan dalam hal perawatan.

Mesin diesel memerlukan perawatan yang lebih khusus karena sistem ruang pembakarannya yang lebih rumit dibandingkan dengan mesin bensin.

Mesin diesel juga cenderung lebih cepat mengalami kerak atau kotoran pada ruang pembakarannya, sehingga perawatan rutin dan berkala sangat diperlukan untuk menjaga performa mesinnya.

Keamanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: