Pensiun Dini PLTU Cirebon Unit 1 Direncanakan Tahun 2035, Pakai Skema Refinancing

Pensiun Dini PLTU Cirebon Unit 1 Direncanakan Tahun 2035, Pakai Skema Refinancing

Pensiun dini PLTU Cirebon Unit 1 direncanakan baru terealisasi pada tahun 2035.-Dokumen-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Pensiun dini Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cirebon Unit 1 direncanakan bakal dilakukan pada tahun 2035.

Pensiun dini ini menggunakan skema refinancing, sehingga operasional pembangkit dengan teknologi super critical tersebut berakhir lebih cepat dari seharusnya yakni 2042 menjadi 2035.

Vice President Director Cirebon Power, Joseph Pangalila menjelaskan, pensiun dini PLTU Cirebon Unit 1 menggunakan skema refinancing yakni Energy Transition Mechanism (ETM) dan Just Energy Transition Partnership (JETP).

"Melalui ETM dan JETP memungkinkan pembiayaan yang lebih murah dan efisien, sehingga ada selisih untuk refinancing dan masa operasi PLTU 1 bisa dipercepat sekitar 7 tahun," kata Josep.

BACA JUGA:Sebelum Hasil Tes DNA, Peneliti Ini Sudah Dapat Foto Harimau Jawa Sejak Lama

BACA JUGA:6 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan di Tahun 2024; Nomor 6 Baunya Harum Banget!

Dia tidak memungkiri, seringkali timbul salah persepsi terkait dengan pensiun dini ini, eolah bahwa pembangkit listrik dengan kapasitas 1 x 660 MW tersebut bakal segera berhenti beroperasi.

"Sering kita dengan istilah suntik mati PLTU Cirebon dan sebagainya, seolah-olah bakal berhenti beroperasi tahun depan. Perlu disampaikan karena banyak yang salah mengerti. Dikira besok tutup PLTU-nya. Padahal masih 11 tahun lagi" tuturnya.

Joseph mengulas bahwa kesepahaman early termination mechanism ini sudah terjalin pada November 2022 antara Asian Development Bank (ADB), PLN, pemerintah dan konsorsium pemegang saham.

Melalui kesepahaman tersebut, konsorsium pemegang dan perusahaan menunjukkan komitmennya pada green energy.

BACA JUGA:Benarkah Tanaman Aglonema atau Sri Rezeki Bisa Mendatangkan Rezeki dan Membawa Hoki? Yuk Simak Ulasannya!

BACA JUGA:Berikut Ini 3 Ikan yang Cocok Diberikan Kepada Kucing Peliharaan, Terdapat Kandungan yang dibutuhkan Anabul

Saat ini prosesnya mengarah kepada kesepakatan lebih lanjut. Dengan program ETM bila semua disepakati, operasional PLTU 1 "Cirebon selesai di tahun 2035 atau 7 tahun lebih awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: