Dampak Gempa Kuningan Hari Ini, 4 Bangunan Rusak, Masih Laporan Sementara

Dampak Gempa Kuningan Hari Ini, 4 Bangunan Rusak, Masih Laporan Sementara

BPBD melakukan pemantauan dampak pasca gempa bumi tektonik dangkal di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.-Andre Mahardika-radarkuningan.com

BACA JUGA:Kuningan Kembali Diguncang Gempa Bumi Tektonik Dangkal, Kali Ini Kekuatan 4,1 Magnitudo

Menurut Indra, mayoritas wilayah di Kabupaten Kuningan merasakan geteran gempa dengan kekuatan bervariasi.

Terkait dengan sesar atau patahan penyebab gempa, sejauh ini belum teridentifikasi apakah jalur dari Sesar Baribis atau lainnya.

“Kami belum bisa menjustifikasi, BMKG juga belum. Tapi setiap daerah memungkinkan memiliki patahan lokal,” katanya.

Sementara itu, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto menjelaskan, pusat gempa berada di darat pada jarak 1 km Tenggara Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada kedalaman 5 km.

BACA JUGA:Team Vitality Dan Falcons Vega Yang Diisi Pemain Indonesia Mendominasi Turnamen Dunia Mobile Legends Wanita

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif,” kata Hartanto dalam keterangan tertulis.

Menurut dia, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan  di wilayah Kuningan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kemudian di Ciamis, Banjar dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Hartanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: