Ada Cerita Sedih Dibalik Naturalisasi Thom Haye: Nenek Tercintanya Meninggal Sehari Sebelum jadi WNI 

Ada Cerita Sedih Dibalik Naturalisasi Thom Haye: Nenek Tercintanya Meninggal Sehari Sebelum jadi WNI 

Thom Haye (Tengah).-Instagram @thomhaye-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Proses naturalisasi Thom Haye ternyata menyimpan kisah sedih didalamnya, hal ini terungkap setelah dirinya berbicara dalam sesi obrolan ringan.

"Jadi begini, saya mendengar bahwa naturalisasi bisa berlanjut. Sebenarnya tepat sebelum (nenek) meninggal," ujar pemain 29 tahun tersebut dalam obrolan ringan via YouTube FC Afkicken.

Diketahui nenek Haye berasal dari Manado, Provinsi Sulawesi Utara, dan kakeknya yang berasal dari Solo, inilah garis lengkap keturunan darah Indonesia dalam gelandang naturalisasi tersebut. 

Setelah jelas memiliki garis keturunan merah putih, makanya eks pemain SC Heerenveen ini didapuk untuk mengisi slot pemain naturalisasi di Timnas Indonesia bersama PSSI

BACA JUGA:6 Rekomendasi Kafe Instagramable di Palutungan Kuningan, Cocok Banget Buat Hangout!

"Lalu, sekitar satu minggu sebelum saya harus pergi ke Indonesia untuk mengurus (naturalisasi), saya masih sempat memberitahu (nenek) jelas Thom Haye dengan nada yang tersedu-sedu.

Mungkin jika ia mengingat kembali neneknya yang telah tiada, itulah yang membuat ia merasa kehilangan, karena neneknya yang menjadi alasan utama Haye untuk mau jalani proses naturalisasi.

Ikatan keluarga sangat erat dalam proses naturalisasi pemain 29 tahun tersebut, makanya ia sangat bangga bisa bergabung ke skuad Garuda, yang sekaligus membela tanah leluhurnya.

Terbukti setelah eks gelandang SC Heerenveen ini di naturalisasi, ia langsung didapuk menjadi starter dan ciptakan satu assist penting saat Indonesia kontra Vietnam 3-0.

BACA JUGA:PWI Kuningan Pj Bupati – Disporapar Lebih Prioritaskan Konten Kreator Ketimbang Jurnalis: Berikan Akses Setara

"Hubungan saya dan keluarga sangat erat. Kakek saya adalah penggemar saya yang paling besar, tetapi dia sudah tiada sejak beberapa tahun yang lalu" ujar Thom Haye. 

"Saat saya masih bisa mengungkapkan akan (naturalisasi) kepadanya, nenek masih bisa memberikan respons, itu sangat berarti buat saya" tandasnya.

Nenek Haye memang berperan besar dalam proses naturalisasi dirinya, karena berkat neneknya ia rela menukar kewarganegaraan nya dari Belanda menjadi Indonesia. 

Perlu diketahui bahwa, proses naturalisasi itu penuh pertimbangan, jika pemain melakukan perpindahan tersebut, maka hal itu akan berdampak besar pada karir dan masa depannya di dunia sepakbola. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: