Miliki Kemampuan Menjadi Salah Satu Pendongkrak Perekonomian, Menko Airlangga Dukung Industri Olahraga Menduni

Miliki Kemampuan Menjadi Salah Satu Pendongkrak Perekonomian, Menko Airlangga Dukung Industri Olahraga Menduni

Airlangga Hartarto (istimewa)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Pengembangan sektor olahraga terus mendapatkan dukungan dari Pemerintah dan diharapkan menjadi bagian penting dalam sistem pembangunan nasional. Hal tersebut juga seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menyampaikan bahwa olahraga merupakan industri yang cakupannya sangat luas. I

ndustri olahraga  tidak hanya terkait dengan industri events namun juga termasuk. industri apparel atau clothing line, perlengkapan olahraga, hingga broadcasting dan commercial. Dengan demikian, sektor olahraga juga memiliki kemampuan untuk menjadi salah satu pendongkrak perekonomian dan mengembangkan sport tourism nasional.

BACA JUGA:Kenangan Jadi Pj Bupati, Desem Rajin Ngonten di Medsos

Dalam menentukan arah kebijakan pembinaan keolahragaan nasional dalam jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan, Pemerintah telah menetapkan 12 cabang olahraga unggulan ke dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2021.

Lebih lanjut, wushu merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam DBON dan penetapannya dilakukan berdasarkan kajian akademisi, pakar, dan praktisi olahraga dengan melihat perkembangan prestasi wushu Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2021. Selain itu, wushu yang merupakan olahraga yang mengandalkan teknik, kecepatan, dan akurasi juga terus dipersiapkan untuk menghadapi event olahraga kompetitif di berbagai level termasuk kejuaraan dunia.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Pemkab Kuningan Buka Seleksi 1.041 PPPK, Cek Formasinya di Sini

Dalam penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya, Selasa (20/09), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang berkesempatan hadir juga menyampaikan bahwa Kejurnas tersebut menjadi ajang uji prestasi bagi para atlet wushu junior.

“Kejurnas ini menjadi persiapan menuju kejuaraan dunia junior wushu yang akan diselenggarakan di bulan Desember di Bumi Serpong Damai Tangerang dan itu akan diikuti oleh 70 negara,” ujar Menko Airlangga.

BACA JUGA:Keluarga Millenial Anies Ciayumajakuning Gelar Workshop

Menko Airlangga yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia mengungkapkan bahwa Kejurnas selalu diselenggarakan setiap tahun. Namun saat pandemi Covid-19 melanda, Kejurnas tidak selenggarakan secara fisik hanya secara virtual.

Ajang Kejurnas Wushu 2022 yang memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia tersebut berlangsung dari tanggal 18 hingga 21 September 2022 dan diikuti oleh 450 atlet dari 20 provinsi dengan mempertandingkan nomor Taolu, Sanda dan Kungfu. Selain Piala Presiden, Kejuaraan ini juga memperebutkan Piala Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia dan Piala Menpora.

BACA JUGA:Singgung Berbagai Capaian Positif Ekonomi dan Kekayaan Budaya, Menko Airlangga Sebut Indonesia Kian Diperhitun

“Jadi saya harap event ini dapat menjadi tempat mengasah latihan. Saya minta seluruhnya untuk jaga sportivitas, jaga kesehatan, jaga protokol kesehatan. Siapapun yang akan jadi juara umum, jangan terlena dan terus berprestasi dan yang paling penting adalah konsistensi,” kata Menko Airlangga. (dlt/fsr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: