Keren... Banyak Inovasi, Kadiskopdagperin Bawa Pulang Penghargaan

Keren... Banyak Inovasi, Kadiskopdagperin Bawa Pulang Penghargaan

Kadiskopdagperin Kuningan, menerima penghargaan dari Pemprov Jawa Barat di Bandung, Rabu 21 Desember 2022.--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Banyaknya terobosan dan inovasi yang dilakukan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kuningan, U Kusmana ternyata tak lepas dari perhatian Pemprov Jawa Barat.
 
Berkat tangan dinginnya, Diskopdagperin Kabupaten Kuningan akhirnya meraih TOP 5 Inovasi, kategori Inovasi Pemerintah Daerah Kabupaten dalam Kompetisi Inovasi Jawa Barat Tahun 2022. 
 
Penyerahan penghargaan diterima langsung oleh Kadiskopdagperin, U Kusmana di Youth Center Arcamanik, Bandung, Selasa 21 Desember 2022.
 
 
Selama menjadi Kepala Diskopdagperin, Uu memang banyak melakukan terobosan dan inovasi di bidang koperasi, UMKM dan juga pemberdayaan masyarakat. Seperti pasar murah, membangkitkan kembali koperasi, merangkul ribuan pelaku UMKM dan juga memperkuat perdagangan.
 
Kepada radarkuningan.com, Uu memaparkan inovasi yang sudah diluncurkannya. Antara lain mendorong pelaku usaha kecil dan menengah untuk memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB. Program NIB bertujuan memberikan rasa aman kepada para pelaku UMKM. 
 
 
Untuk program NIB, awalnya Diskopdagperin melakukan pendataan pelaku UMKM di desa desa. Seperti di Desa Tarikolot, Kecamatan Pancalang dimana ada lebih dari 300 pelaku UMKM yang sekarang sudah mempunyai NIB. Kemudian juga seluruh desa yang ada di Kabupaten Kuningan. 
 
"Kami menggandeng Dinas DPMTSP agar program ini berhasil. Ternyata respon dari para pelaku UMKM sangat besar. Terima kasih kepada pak bupati yang selalu memberikan suport kepada kami," ujar Uu usai menerima penghargaan dari Sekda Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja.
 
 
Selain program NIB, Diskopdagperin juga meluncurkan aplikasi guna menggenjot pelaku UMKM memudahkan pemasaran produknya. Yakni aplikasi Si BaDu MiRakyat yang gaungnya sudah sampai ke Provinsi DI Aceh. Bahkan belum lama ini Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Nagan Raya studi banding ke Disperindagkop Kabupaten Kuningan.
 
"Saya berusaha mempersembahkan yang terbaik bagi masyarakat Kuningan, meski anggaran terbatas. Banyak program yang sudah dijalankan yang tidak menggunakan APBD. Tapi Alhamdulillah semua berjalan lancar berkat dukungan semua pegawai Diskopdagperin," terang Uu, Rabu 21 Desember 2022.
 
 
Terkait penghargaan dari Pemprov Jawa Barat, Uu mengatakan, kompetisi Inovasi Jawa Barat diselenggarakan sejak Juni hingga Desember 2022 dengan total sebanyak 681 inovasi. Melalui beberapa tahapan penilaian, tersaring sebanyak 441 inovasi pada tahap penilaian administrasi pertama, TOP 45 Inovasi pada tahap penilaian administrasi kedua. 
 
"TOP 21 Inovasi yang dipilih untuk melakukan tahapan penilaian presentasi serta verifikasi lapangan. Dan terakhir menjadi TOP 5 Inovasi dalam Kategori Inovasi Pemerintah Daerah Kabupaten se Jawa Barat," pungkas Uu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: