Pelayanan Menurun, Bupati Harus Segera Bentuk Tim Pansel Calon Direktur PDAM

Pelayanan Menurun, Bupati Harus Segera Bentuk Tim Pansel Calon Direktur PDAM

Kantor Perumda Air Minum Tirta Kamuning menunggu calon direktur baru pasca wafatnya H Deni Erlanda. (Agus Sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Mantan Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Air Minum (PAM) Tirta Kamuning, Sukiman menyarankan Bupati Acep segera memikirkan calon Direktur PAM yang baru.

Sebab jika dijabat oleh pelaksana tugas atau Plt dalam waktu yang cukup lama, maka tidak akan optimal dalam pencapaian kinerjanya. 

Seperti diketahui, jabatan Direktur PAM Tirta Kamuning saat ini dijabat Plt, Ukas Suharsaputra setelah Deni Erlanda meninggal dunia. Ukas sendiri menjabat Asda II Setda Kuningan dan juga Dewas Perumda Air Minum Tirta Kamuning.
 
 
Bupati Acep menunjuk Ukas sebagai Plt Direktur PAM untuk menjalankan perusahaan milik daerah tersebut.
 
Sukiman mengaku sudah membicarakan masalah tersebut dengan bupati. Menurut dia,  pembentukan tim panitia seleksi Direktur PAM Tirta Kamuning, wajib disegerakan. Siapapun yang nantinya terpilih, entah politisi, akademisi, pengusaha, dan profesional merupakan figur terbaik memimpin Perumda PAM ke depannya. 
 
"Ya harus secepatnya pak bupati membentuk tim pansel Direktur PDAM Tirta Kamuning. Jangan dibiarkan lama dijabat Plt. Itu akan berakibat terhadap ritme kerja di perusahaan itu sendiri. Biarkan orang yang memiliki kemampuan dan potensi, ikut bersaing di seleksi Direktur PDAM," tegas mantan Anggota DPRD Kuningan tersebut, Rabu 11 Januari 2023.
 
 
Saran lainnya juga diungkapkan Sukiman agar kinerja Perumda Air Minum meningkat, tidak terpuruk seperti sekarang ini. Yakni dengan menunjuk Plt Direktur II dari internal perusahaan. Jadi, nantinya ada dua Plt Direktur PAM. Satu sudah ditunjuk dari pemerintah, dan satunya bisa dari kalangan Perumda sendiri yang dianggap memenuhi syarat dan kemampuan.
 
Menurut Sukiman, penunjukkan Plt Direktur II ini tidak menyalahi aturan alias dibolehkan. Bupati Acep bisa mempercayakannya kepada internal Perumda yang dinilai mampu. Tak sulit mencari figur mumpuni di kalangan dalam Perumda PAM. 
 
 
"Pak bupati tinggal tunjuk kepala Divisi yang ada di Perumda sebagai Plt Direktur II. Tujuan Plt Direktur II dari internal ini supaya komunikasi kinerja diinternal tetap terjaga dengan baik. Sayang kinerja yang sudah sangat bagus di masa Almarhum Pak Deni Erlanda, sekarang malah mengalami kemunduran,," sebut Sukiman.
 
Dia mengaku sudah melakukan survei indeks kepuasan pelanggan PDAM Tirta Kamuning melalui aplikasi yang dikelolanya. Hasilnya, pelanggan mengeluhkan menurunnya tingkat pelayanan dari perusahaan milik daerah tersebut akhir akhir ini. 
 
 
"Saya banyak mendengar keluhan dari pelanggan, baik yang datang langsung ke rumah atau melalui telepon dan aplikasi. Mereka (pelanggan) melihat pelayanan dari PDAM sekarang ini semakin menurun. Untuk mengatasinya, saran saya sih segera ditunjuk Plt Direktur II. Atau secepatnya membuka pendaftaran calon direktur yang baru," ungkap Sukiman. (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: