Kumpul Bareng Pelaku Wisata, Menteri Sandiaga Uno Bantu Promosi Wisata Kuningan

Kumpul Bareng Pelaku Wisata, Menteri Sandiaga Uno Bantu Promosi Wisata Kuningan

Menparekraf RI Sandiaga Uno saat memberikan arahan kepada para pelaku usaha wisata dan UMKM dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Kuningan, Selasa 28 Februari 2023. (Muhamad Taufik)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno memuji Kabupaten Kuningan.
 
Dia menilai banyak potensi wisata di Kabupaten Kuningan yang unggul dan punya daya tarik yang tak kalah dengan daerah lain sehingga layak menjadi tujuan wisata nusantara dan juga internasional.  
 
BACA JUGA:Kepala Desa Nyaleg, Sekretaris DPMD Kuningan: Ya Wajib Mundur dari Jabatannya

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja bertemu dengan para pelaku usaha wisata dan UMKM di objek wisata J&J Resto Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Selasa 28 Februari 2023.
 
Sandiaga pun memastikan kesiapannya mempromosikan wisata Kabupaten Kuningan. Sehingga semakin dikenal luas dan mengajak para investor menanamkan modalnya di Kuningan.

"Perjalanan saya dari Jakarta tadi pagi menggunakan kereta Panoramic yang atapnya kaca. Sehingga bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan hingga Cirebon," katanya.
 
 
Melanjutkan perjalanan ke Kuningan menggunakan mobil dengan kecepatan biasa saja, ternyata bisa ditempuh dalam waktu kurang dari tiga jam saja. Ini lebih cepat dari perjalanan ke Puncak Bogor yang bisa mencapai empat jam perjalanan karena macet.
 
"Ini menjadi alternatif wisatawan dari Jakarta yang ingin merasakan keindahan alam dan udara sejuk pegunungan tidak perlu lagi ke Bogor.  Karena bisa didapat juga di Kuningan," papar Sandi saat berdialog dengan para pelaku usaha wisata dan ekonomi kreatif Kuningan, Selasa 28 Februari 2023.
 
BACA JUGA:Kebakaran Rumah di Linggarjati, Kuningan, Nenek Narsih Tewas Terbakar

Sandi pun berencana turut membantu pemasaran wisata Kuningan tersebut melalui berbagai cara. Salah satunya melalui aplikasi online seperti Tiket.com dan Traveloka sehingga memudahkan para wisatawan lebih mengenal wisata Kuningan.

"Saya akan buat paket wisata dua hari tiga malam berwisata ke Kabupaten Kuningan. Wisatawan bisa mengunjungi beberapa objek wisata unggulan di Kabupaten Kuningan seperti Desa Wisata Cibuntu, Palutungan dan lainnya dengan harga menarik," ungkap Sandi.
 
BACA JUGA:Sudah 3 Periode di DPRD Kuningan, Toto Suharto Akhirnya Nyaleg Provinsi

Cara ini, kata Sandi merupakan salah satu upaya menumbuhkan kembali pergerakan pariwisata Nusantara yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.
 
Dikatakan Sandi, Presidan Jokowi telah menargetikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk meningkatkan pergerakan pariwisata nusantara tahun ini hingga 1,4 miliar orang.
 
BACA JUGA:RESMI, Istri Bupati Acep Nyaleg Provinsi, Istri Wabup untuk DPRD Kuningan

Untuk mencapai target tersebut, maka setiap daerah harus mempunyai strategi untuk meningkatkan daya tarik wisata. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan even, baik yang bertaraf tingkat daerah, nasional maupun internasional.
 
"Saya mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan Kabupaten Kuningan, yang sudah punya agenda tahunan Tour de Linggarjati yang berskala internasional. Insya Allah ke depan even ini akan lebih dikenal dan banyak mendapat apresiasi wisatawan domestik maupun internasional," ungkap Sandi.

Tak terkecuali dalam hal industri ekonomi kreatif, Sandi berharap kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan untuk terus berkreasi dengan potensi yang dimiliki.
 
 
"Karena para wisatawan yang datang tidak hanya menikmati keindahan alam, namun juga mereka akan menjajal tempat kuliner tradisional yang khas dan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Terus berkreasi menciptakan produk unggulan yang akan memanjakan para wisatawan datang dan datang lagi ke Kuningan," ujar Sandi.

Sementara itu Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno ke Kabupaten Kuningan dan berharap bisa mengangkat industri pariwisata Kuningan.
 
 
Acep pun berharap keterlibatan Menparekraf untuk mempromosikan potensi wisata Kuningan ke para investor agar mananamkan modalnya di Kuningan.

"Kuningan punya banyak potensi wisata, salah satunya sumber air panas dengan kapasitas 25 ribu liter per detik, keindahan alam dan udara yang sejuk. Saya berharap Pak Menteri bisa mempromosikan potensi wisata Kuningan tersebut ke para investor untuk menanamkan modal di sini. Kami sangat welacome," ujar Acep. (Taufik)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: