Target Satu Desa Lampu 10 PJU, Kinerja Kepala Dinas Perhubungan Kuningan Diapresiasi

Target Satu Desa Lampu 10 PJU, Kinerja Kepala Dinas Perhubungan Kuningan Diapresiasi

Program Kuningan Caang yang diinisiasi Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Kecamatan Cidahu. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Program Kuningan Caang yang diinisiasi Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Kecamatan Cidahu, Abdul Haris. ApalagI dalam program tersebut, setiap desa dan kelurahan se Kuningan mendapatkan jatah 10 titik lampu penerangan jalan umum (PJU). 
 
Sehingga jika semuanya sudah terpasang, desa-desa yang sebelumnya minim lampu penerangan dipastikan akan terang benderang. Dampak lainnya, angka kejahatan juga terantisipasi karena suasana desa dan kelurahan yang terang. 
 
 
 
Kepada radarkuningan.com, Haris mengungkapkan jika program satu desa dan kelurahan 10 titik PJU. maka ini adalah sejarah baru bagi Kabupaten Kuningan. Sebab selama ini, pemasangan lampu PJU di desa desa mayoritas dilakukan pemdes menggunakan anggaran Dana Desa atau DD. Padahal banyak program pembangunan lain di desa bukan hanya pengadaan lampu PJU saja.
 
"Saya sangat mengapresiasi program Kuningan Caang yang diluncurkan oleh Dinas Perhubungan. Terlebih nantinya setiap desa kebagian jatah lampu penerangan yang cukup banyak. Warga jadi tidak takut jika keluar rumah di malam hari," puji Abdul Haris, Minggu 9 April 2023.
 
 
 
Terobosan yang dilakukan oleh Kepala Dishub, M Mutofid dianggap Abdul Haris sesuai dengan visi dan misi Bupati Kuningan. Karena itu, dia meyakini program Kuningan Caang manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat terutama di pedesaan.
 
"Asal sesuai dengan komitmen awal yakni satu desa 10 titik PJU. Jangan sampai dikurangi jumlahnya," sebut Haris.
 
Haris mencontohkan, di desanya yakni Kertawinangun, Kecamatan Cidahu sangat membutuhkan penambahan lampu penerangan. Selama ini jumlah PJU di desanya terbilang minim.
 
 
 
"Saya mendukung terobosan dari Kepala Dishub yang berjuang untuk pengadaan PJU sampai ke desa-desa. Ini layak diapresiasi," tegas pria yang berprofesi sebagai pengacara tersebut.
 
Menyangkut besaran anggaran pengadaan PJU untuk program Kuningan Caang yang mencapai ratusan miliar, Haris menyebutnya sebagai kemampuan seorang kepala dinas dalam melakukan lobi kepada Pemprov Jawa Barat. Cara ini juga harus ditiru oleh kepala SKPD lainnya agar denyut pembangunan dirasakan oleh masyarakat. 
 
 
 
"Saya melihatnya apa yang dilakukan kepala Dishub layak diikuti oleh kepala dinas lainnya. Karena jika hanya mengandalkan APBD Kabupaten Kuningan saja sangat berat menyukseskan program yang digagas SKPD. Sebaiknya setiap kepala dinas punya jejaring luas di pemprov maupun di pusat. Tujuannya kan untuk membangun Kabupaten Kuningan," pungkas Haris. (Agus)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: