Kamis Pagi, Ratusan Jamaah Haji Asal Kuningan Kloter 11 Diberangkatkan ke Indramayu

Kamis Pagi, Ratusan Jamaah Haji Asal Kuningan Kloter 11 Diberangkatkan ke Indramayu

Kabag Kesra Setda Kuningan, H Nunung Nurjati. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Jamaah haji asal Kabupaten Kuningan kembali akan diberangkatkan ke Embarkasi Indramayu.
 
Rencananya, sebanyak 366 jamaah dan 8 petugas haji yang tergabung dalam kloter 11 akan diberangkatkan pada hari Kamis, 8 Juni 2023 pukul 04.00.
 
Titik pemberangkatan tidak berubah yaitu di Kuningan Islamic Center (KIC). 
 
 
 
Seperti pemberangkatan Kloter 3 beberapa waktu lalu, Bupati Kuningan H Acep Purnama dan unsur Forkopimda serta wakil rakyat akan melepas ratusan calon haji Kloter 11.
 
Saat ini persiapan untuk pemberangkatan terus dilakukan panitia dibawah koordinasi Bagian Kesra Setda dan juga Kementrian Agama Kabupaten Kuningan.
 
Dan untuk kenyamanan serta ketertiban dalam prosesi pemberangkatan jamaah calon haji, aparat keamanan dari Polri, TNI, Satpol PP dan petugas Dishub dikerahkan ke lokasi.
 
Pihak panitia menyiapkan 10 bus dan satu truk untung mengangkut jamaah dan barang para calon caji. Persiapan sendiri saat ini sudah hampir mencapai 95 persen.
 
 
 
Kepala Bagian Kesra Setda Kuningan, H Nunung Nurjati mengatakan, jamaah haji Kloter 11 yang akan diberangkatkan berjumlah 366 orang ditambah 8 petugas haji.
 
Kloter 11 berangkat hari Kamis pagi pukul 04.00 menggunakan 10 bus dan satu kendaraan khusus pengangkut barang jamaah. 
 
"Persiapan terus kami lakukan untuk kenyamanan dan kelancaran pemberangkatan. Yah sudah mencapai 95 persen. Bus pengangkut baru akan datang hari Rabu. Untuk lokasi pemberangkatan haji tetap sama yakni di KIC. Kami juga berkoordinasi dengan aparat keamanan," kata Nurjati, Selasa 6 Juni 2023.
 
 
 
Nunung, panggilan akrabnya menjelaskan, dari hasil evaluasi pemberangkatan kloter pertama, ada beberapa hal yang harus dibenahi.
 
Terutama keluarga pengantar calon haji diharapkan untuk tertib dan mematuhi aturan yang sudah ditetapkan. Dimana keluarga pengantar maupun KBIH tidak boleh parkir kendaraan di sekitar KIC.
 
"Saat pemberangkatan Kloter 3 beberapa waktu lalu, masih ada KBIH dan keluarga pengantar yang membantu mengangkat bawan dan parkir di halaman KIC. Padahal tidak boleh. Untuk mengangkat barang sudah ada petugas yang disiapkan panitia. Jadi, pengantar maupun KBIH hanya boleh menurunkan calon haji dan barang, kemudian kembali keluar area KIC," tegas Nunung.
 
 
 
Dia menambahkan, jamaah haji tidak akan menginap di Embarkasi Indramayu. Setelah transit di embarkasi, jamaah haji langsung diberangkatkan ke Bandara Kertajati, Majalengka. 
 
"Tidak lama berada di embarkasi. Sore harinya langsung menuju bandara untuk penerbangan ke Tanah Suci. Dan yang membuat kami bangga, Kabupaten Kuningan dijadikan contoh oleh daerah lain dalam pemberangkatan jamaah haji," pungkas Nunung. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: