Tugas Membangun Desa Belum Selesai, Kades Cibulan Kembali Maju di Pilkades Serentak

Tugas Membangun Desa Belum Selesai, Kades Cibulan Kembali Maju di Pilkades Serentak

Incumbent Kepala Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Kuningan, resmi mendaftarkan diri ke panitia pemilihan desa, Jumat 23 Juni 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Tahapan Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Kuningan, memasuki tahapan pengumuman/pendaftaran bakal calon kepala desa.

Pembukaan pendaftaran ini dimulai tanggal 16 Juni dan berakhir 25 Juni 2023.

Selepas ini, selanjutnya dilakukan penelitian berkas, perbaikan dan melengkapi berkas serta seleksi tambahan.

BACA JUGA:Masa Jabatan Kepala Desa Diperpanjang 9 Tahun, Kades Paniis Kuningan: Diperpanjang atau Tidak, Tak Masalah

BACA JUGA:Pabrik Krupuk di Desa Jagara Kuningan Ludes Terbakar, Pemilik Rugi Ratusan Juta Rupiah

Sebanyak 94 desa yang tersebar di 31 kecamatan menggelar Pilkades Serentak yang akan dilangsungkan tanggal 6 Agustus 2023. Untuk pelantikan kepala desa terpilih dijadwalkan tanggal 3 Oktober.
 
Namun sebelum dilantik, ada tahapan penyelesaian sengketa Pilkades dari tanggal 18 sampai 27 Agutus 2023.
 
Sejumlah kepala desa incumbent kembali maju ke gelanggang pertarungan. Mereka akan bersaing dengan calon kepala desa pendatang baru.
 
Misalnya saja Iwan Gunawan, Kepala Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu dan Kepala Desa Parung, Kecamatan Darma, Osa Maliki.
 
Iwan kembali mencalonkan diri untuk periode kedua sedangkan bagi Osa Maliki, ini adalah untuk periode ketiga.
 
 
 
Iwan yang merasa tugasnya membangun Desa Cibulan belum selesai pada periode pertama masa baktinya, hari Jumat pagi 23 Juni 2023 mendatangi panitia pemilihan desa.
 
Berangkat dari rumahnya dengan diantar lebih dari 500 pendukungnya, Iwan didampingi sang istri mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala desa.  
 
"Alhamdulillah saya sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala desa Cibulan. Saat saya mendaftar ke panitia pemilihan, ratusan warga mengantar saya. Jujur, saya sangat terharu dengan semangat masyarakat yang memberikan dukungan moril dan doa kepada saya. Ini sangat luar biasa bagi saya," kata Iwan Gunawan kepada radarkuningan.com.
 
 
 
Menurut Iwan, dirinya maju kembali karena merasa masih banyak tugas yang belum dituntaskannya dalam periode pertama. Karena itu, dia akan menyelesaikannya jika kembali terpilih.
 
"Terima kasih kepada masyarakat Cibulan yang sudah mengantar saya mendaftarkan diri. Saya benar-benar samgat terharu atas ketulusan warga," ujarnya, Jumat 23 Juni 2023.
 
Bagi warga Cibulan sendiri, Iwan bukanlah sosok yang asing. Selama enam tahun pada periode pertama masa jabatannya sebagai kades, Iwan berusaha mengubah wajah Cibulan dengan pembangunan pisik dan pemberdayaan masyarakat.
 
Iwan berhasil menyulap eks penambangan pasir menjadi lahan produktif yang ditanami kedelai. 
 
 
 
Jika di periode pertama memimpin Desa Cibulan, Iwan mengusung tema Cibulan Bersinar, namun berbeda untuk periode yang kedua ini. Pria bertubuh subur itu memilih tagline Cibulan Bersahaja. 
 
"Visi dan misi yang saya usung jelas berbeda dari sebelumnya. Namun tetap kuncinya pemberdayaan masyarakat dan pembangunan fisik di desa. Untuk itu, saya mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Cibulan,' sebut Iwan. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: