Ribuan Bilik Suara Pemilu 2024 Tiba di KPU Kabupaten Kuningan

Ribuan Bilik Suara Pemilu 2024 Tiba di KPU Kabupaten Kuningan

TERIMA LOGISTIK: KPU Kabupaten Kuningan menerima logistik bilik suara dari KPU Provinsi Jawa Barat untuk Pemilu 2024. --

KUNINGAN RADARKUNINGAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah menerima logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tahap pertama pada Selasa (17/10). Ribuan bilik suara yang dikirimkan oleh KPU Provinsi Jawa Barat tersebut disimpan di gudang KPU Kabupaten Kuningan yang terletak di Desa Ciloa, Kecamatan Kramatmulya.

Sekretaris KPU Kabupaten Kuningan, Asep Pepen Ruspendi, menjelaskan bahwa KPU telah menerima informasi mengenai pengiriman logistik Pemilu dalam bentuk bilik suara. 

“Hari ini kami menerima informasi bahwa akan dikirim logistik untuk pemilu berupa bilik suara. Jumlah bilik suara yang dibutuhkan adalah sebanyak 14.384 buah. Yang dikirim sekarang kami belum bisa memastikan jumlahnya. Kalau di surat jalan tertulis sebanyak 7.700 buah. Nanti ada truk yang kedua hanya belum tahu jumlahnya berapa,” ujar Asep Pepen Ruspendi kepada awak media.

BACA JUGA:NAH INI DIA, Satpol PP-Bawaslu Kuningan Tertibkan Alat Peraga Sosialisasi Capres dan Caleg Pelanggar Aturan

Asep menambahkan bahwa logistik Pemilu 2024 tersebut akan disimpan di gudang yang terletak di Desa Cilowa Kecamatan Kuningan. Ia menegaskan bahwa gudang tersebut merupakan tempat yang tepat dan aman untuk menyimpan logistik pemilu tersebut.

Dikatakan, proses penerimaan logistik akan berlangsung hingga 15 Januari 2024. Pada tahap pertama ini, logistik yang akan dikirim meliputi bilik suara, kotak suara, segel, dan tinta. 

“Penerimaan logistik tersebut dimulai hari ini hingga 15 Januari 2024. Semua logistik harus sudah terkumpul. Mudah-mudahan sih lancar. Pengadaan logistik ini dilakukan oleh pihak provinsi, sedangkan KPU Kabupaten Kuningan bertanggung jawab dalam menyediakan segel plastik atau kabel tiss untuk mengunci kotak suara,” kata Asep, Selasa (17/10).

BACA JUGA:Minat Tinggi, Seleksi ASN Kemenag Banjir Pendaftar dengan 169 Ribu Pelamar

Untuk menjaga keamanan bilik suara dan kotak suara yang terbuat dari karton mivlex yang dilapisi plastik di luar, Asep menyebutkan bahwa akan dilakukan penyemprotan agar terhindar dari serangan rayap dan hama, terutama tikus.

Dengan upaya penyimpanan yang tepat dan perawatan yang baik, diharapkan logistik Pemilu 2024 dapat tetap utuh dan siap digunakan pada saat pemungutan suara nanti.

Asep berharap dengan adanya gudang baru ini, logistik KPU dapat tetap aman dan tidak mengalami kerusakan. Belajar dari pengalaman Pemilu 2019, kondisi logistik di Kabupaten Kuningan diketahui aman.

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Pemerintah Kabupaten Brebes Kerja Sama Pengelolaan Air Bendungan Kuningan

“Mudah-mudahan dengan kondisi gudang yang baru ini, logistik KPU aman dan tidak mengalami kerusakan, berkaca dari pengalaman pemilu 2019 kondisi logistik di Kabupaten Kuningan aman,” tuturnya. (ale)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: