WOW! Ada LRT Cirebon Raya - Kertajati hingga Rel Kereta Rancaekek - Majalengka di Rebana Metropolitan

WOW! Ada LRT Cirebon Raya - Kertajati hingga Rel Kereta Rancaekek - Majalengka di Rebana Metropolitan

LRT Cirebon Raya - Kertajati akan menjadi salah satu proyek di Rebana Metropolitan. Foto hanya ilustrasi.-Setkab-radarkuningan.com

BACA JUGA:Kota Cirebon Paling Siap Jadi Pusat Komersial Metropolitan Rebana, Paling Lengkap!

Kolaborasi yaitu meningkatkan kolaborasi antara pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, pebisnis, akademisi, hingga masyarakat/komunitas melalui pengembangan wadah kerja sama kawasan.

Berdaya saing tinggi yaitu membentuk “Super KEK (Kawasan Ekonomi Khusus)” melalui berbagai kemudahan fiskal maupun nonfiskal untuk meningkatkan daya saing investasi di kawasan yang didukung kesiapan infrastruktur penunjang.

Kepala BP Rebana Metropolitan, Bernardus Djonoputro menjelaskan, Badan Pengelola Rebana Metropolitan memiliki peran penting. Tidak hanya sebagai fasilitator tetapi juga melakuka harmonisasi.

Sebagai contoh dalam hal rencana tata ruang wilayah, kini sedang dilakukan penyesuaian dari 7 kabupaten dan kota di wilayah utara dan timur Provinsi Jawa Barat tersebut.

BACA JUGA:Nama Ciayumajakuning Kini Berganti Menjadi Rebana Metropolitan, Isinya 7 Kabupaten – Kota

"Sekarang kami sedang melakukan harmonisasi dari rencana tata ruang kabupaten kota di Rebana Metropolitan," kata Bernardus Djonoputro.

Ahli perencanaan wilayah lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menyatakan bahwa Rebana Metropolitan kini bukan sekadar konsep, tetapi sudah menjadi deliniasi wilayah dan masuk dalam rencana jangka panjang nasional.

Karena itu, BP Rebana Metropolitan punya peran penting bersama para kepala daerah yang menjadi dewan pengarah.

"Investasi itu kan tidak mengenal batas wilayah, tetapi potensi dan sumber daya. Jadi itu kenapa ada BP Rebana," katanya.

BACA JUGA:BP Rebana Ungkap akan Ada Jalan Akses Baru dari Tol Cisumdawu ke Bandara Kertajati, Semakin Cepat!

Bernie -sapaan akrab Bernardus Djonoputro- menjelaskan, selain investasi BP Rebana juga berperan dalam hal pembagian peran dari masing-masing daerah sesuai potensinnya. Bahkan sampai ketahanan pangan dan bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: