Sepekan Ada Tiga Pohon Tumbang, Kepala UPT Damkar Kuningan: Satu Rumah Alami Kerusakan

Sepekan Ada Tiga Pohon Tumbang, Kepala UPT Damkar Kuningan:  Satu Rumah Alami Kerusakan

Kepala UPT Damkar Kuningan, Andri Arga Kusumah mengimbau masyarakat untuk selalu waspada karena banyaknya laporan pohon yang tumbang. (Bubud Sihabudin)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Waspada dengan potensi pohon tumbang di musim hujan. Kantor UPT Damkar Kuningan dalam seminggu terakhir menerima 3 laporan robohnya pohon pasca hujan deras.

Salahsatunya menimpa rumah warga hingga menimbulkan kerusakan di bagian atap. 

Kepala UPT Damkar Kuningan, Andri Arga Kusumah menjelaskan, laporan pertama yang diterima UPT Damkar terjadi pada malam hari di Jalan Ir Sukarno Kuningan pada 26 Desember 2023. 

BACA JUGA:Prediksi Tahun 2024, Pertarungan Naga di Tahun Naga Kayu, Waspada Banyak Bencana Alam

Sebuah pohon setinggi 20 meter tumbang dan sempat menutup akses jalan, sehingga kendaraan tidak bisa melewati jalan ini. Namun akhirnya jalan kembali dibuka setelah Damkar tuntas membersihkan material selama 20 menit.

Kejadian serupa terjadi di area parkir RSUD Linggarjati. Sebuah pohon setinggi 20 meter tiba-tiba roboh pada 1 Januari 2024.  Beruntung saat kejadian area parkir tersebut dalam kondisi kosong dari kendaraan.

"Terakhir pohon tumbang menimpa sebuah rumah di Desa Susukan, Kecamatan Cipicung, Kuningan pada Selasa 2 Januari 2024. Sebuah pohon petai mendadak roboh dan menimpa sebuah rumah warga hingga menimbulkan kerusakan di bagian atap," kata Andri, Rabu 3 Januari 2024.

BACA JUGA:Gegara Menyatakan Dukungan untuk Gibran, 13 Oknum Satpol PP di Garut Dijatuhi Sanksi Tidak Dapat Gaji 3 Bulan

Karena itu, Andri mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dengan potensi pohon tumbang di musim hujan.

Sebab dalam sepekan  terakhir pihaknya menerima 3 laporan robohnya pohon pasca hujan deras.

"Dari 3 kejadian tersebut, Damkar mendapat informasi dari warga. Umumnya pohon tiba tiba tumbang setelah hujan deras terjadi," ujar Andri.

Dia meminta masyarakat untuk mengecek lingkungan sekitar. Apabila terdapat pohon terlalu tinggi disekitar pemukiman atau memiliki dahan yang berpotensi patah, diharapkan masyarakat segera melakukan pemangkasan.

BACA JUGA:Curah Hujan Mulai Tinggi, BPBD Kuningan Imbau Masyarakat Waspada Bencana Hidrometrologi

"Jika menemukan pohon tumbang di wilayah kuningan dan memerlukan bantuan Damkar, warga bisa menghubungi  layanan 0232 - 871113," sebut Andri. (Bubud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: