WOW, Pj Bupati Sudah Sambangi Empat Penjuru Mata Angin di Kuningan, dari Puncak Ciremai hingga Gunung Tilu

WOW, Pj Bupati Sudah Sambangi Empat Penjuru Mata Angin di Kuningan, dari Puncak Ciremai hingga Gunung Tilu

Pj Bupati Kuningan Raden Iip Hidajat saat berada di puncak Gunung Ciremai dan sejumlah lokasi lainnya di empat penjuru mata angin Kuningan.--

BACA JUGA:Turun Harga! Ini Rekomendasi iPhone Boba dengan Harga Miring Terbaru di 2024

Pj Bupati Raden Iip Hidajat mengatakan bahwa perjalanan ini adalah untuk melihat titik rupabumi atau titik triangulasi yang merupakan titik batas daerah antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Jawa Barat ada Kabupaten Kuningan, dan Jawa tengah ada Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes, titik kulminasinya ada di puncak gunung tilu. Nah tidak jauh dari situ ada situs batu naga."

"Konon kabarnya 500 tahun sebelum masehi sudah ada, situs ini menunjukkan kepada kita bahwa ada peradaban luar biasa di Kabupaten kuningan," sebut Iip.

Selain wilayah timur Kuningan, Pj Bupati juga melihat Situs Ciarca dan Situs Hulu Lingga di Desa Sagarahiang, Kecamatan Darma, Sabtu 9 Maret 2024. Sagarahiang merupakan salah satu desa tertua di Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Mana yang Lebih Baik untuk Kucing, Minum Air Mentah atau Air Matang?

Sagarahiang sendiri berasal dari kata “Sagara” dan Hiang” yang berarti lautan dan Dewa/Ghaib. Berarti Sagarahiyang dapat diartikan sebagai tempat lautan para Dewa.

Desa ini berada di selatan Kabupaten Kuningan. Diketahui jika di Desa Sagarahiang terdapat kurang lebih 48 situs yang berada di sekitar Desa Sagarahiyang itu sendiri. 

Dan Pj Bupati juga menyempatkan diri untuk melihat kondisi sumur 7 yang berada di komplek kolam renang Cibulan, Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, menjelang Ramadan.

Raden Iip bahkan masuk ke dalam komplek sumur 7 serta melihat langsung suasana di dalam petilasan yang diyakini peninggalan Prabu Siliwangi.

BACA JUGA:Pemilik Kucing yang Peka Pasti Tahu Arti Kucing Mengedipkan Mata pada Kita, Yuk Cari Tahu Maknanya!

"Saya sudah hitung jumlah sumurnya, memang benar ada 7 sumur. Airnya juga sangat melimpah, bening dan menyegarkan."

"Saya sudah meminta kepada para kuncen yang sudah diberi surat tugas untuk selalu menjaga keaslian dan kondisi sumur tujuh agar tetap terpelihara dengan baik," kata Pj Bupati Iip. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: