Heboh Di Temukan Sampel Rambut Harimau Jawa Di Sukabumi, Ini Kata Peneliti

Heboh Di Temukan Sampel Rambut Harimau Jawa Di Sukabumi, Ini Kata Peneliti

sampel rambut harimau jawa di sukabumi-BRIN-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Akhir-akhir ini publik di gemparkan oleh penemuan sampel rambut harimau Jawa yang diyakini milik harimau Jawa yang telah punah di Sukabumi.

Penemuan ini semakin viral setelah BRIN mengkonfirmasi penemuan sampel rambut yang diyakini milik harimau Jawa.

BRIN menyatakan adanya temuan sehelai rambut Harimau Jawa di pagar pembatas antara kebun rakyat dengan jalan desa Cipeundeuy, Sukabumi Selatan, Jawa Barat.

Menurut Teti seorang peneliti, keyakinan tersebut diperkuat oleh prosedur ilmiah lainnya yang telah dilakukan. Selain menemukan rambut, dari lokasi tersebut juga ditemukan bekas cakaran mirip harimau yang semakin menguatkan Teti untuk melakukan observasi lanjutan.

BACA JUGA:Sehelai Rambut Menjadi Bukti Kuat Bahwa Harimau Jawa Belum Punah, Ini Kata BRIN

BACA JUGA:Hampir Punah! Ini Fakta Harimau Sumatera Di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui, Simak Penjelasannya!

Pada awalnya Teti bersama tim adalah melakukan identifikasi dan studi perbandingan sampel rambut harimau yang ditemukan di Sukabumi Selatan  dengan spesimen  Harimau Jawa koleksi MZB.

Kemudian beberapa subspesies sampel harimau lain, yaitu Harimau Bengal, Amur dan Sumatra, serta Macan Tutul Jawa yang digunakan sebagai kontrol.

Hasil studi pohon filogenetik menunjukkan sampel rambut Harimau Sukabumi dan spesimen harimau koleksi MZB berada dalam kelompok yang sama, namun terpisah dari kelompok subspesies harimau lain. Selanjutnya, Macan Tutul Jawa berdasarkan sampel yang diperoleh dari spesimen MZB.

Untuk memperkuat observasinya, Teti bersama tim juga melakukan wawancara mendalam dengan Ripi Yanuar Fajar yang melihat harimau tersebut.

Wawancara dilakukan saat survei pada 15-19 Juni 2022 pada lokasi ditemukannya sampel rambut.

Teti menjelaskan, analisis genetik DNA memiliki tingkat sensitifitas yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan konservasi dan mengklarifikasi ketidakpastian taksonomi.

BACA JUGA:Tanda-Tanda Kehidupan Harimau Jawa Di Sukabumi, Benarkah Kucing Besar Ini Hidup Kembali Dan Tidak Punah?

BACA JUGA:Sudah Di Nyatakan Punah Selama Puluhan Tahun, Apakah Benar Harimau Jawa Masih Belum Punah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: