Berapa Banyak Kurma yang Sebaiknya Dimakan Saat Buka Puasa? Yuk Simak Penjelasan dan Anjurannya!

Berapa Banyak Kurma yang Sebaiknya Dimakan Saat Buka Puasa? Yuk Simak Penjelasan dan Anjurannya!

Berapa banyak kurma yang dimakan saat buka puasa, simak penjelasan berikut ini.-Foto via Tokopedia-radarkuningan.com

BACA JUGA:Warga Linggarjati Kuningan Demo Tolak Pembangunan Hotel, Diduga Bakal Gusur 2 Bangunan SD

Hal ini dikarenakan dalam buah kurma memiliki banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan tubuh selama berpuasa.

Di sisi lain, anjuran untuk memakan tidak lebih dari 3 butir kurma juga berlaku seperti kepada  pengidap diabetes dan ibu hamil. 

2. Kandungan Nutrisi Dnegan Segudang Manfaat Dalam Kurma

Dalam satu buah kurma dengan berat 8,3g sendiri, tercatat memiliki kandungan gula dengan kadar 70% dan energi sebesar 23 kalori.

BACA JUGA:Warga Linggarjati Kuningan Tolak Pembangunan Hotel yang Bakal Gusur 2 SD dan 1 TK Dekat Gedung Naskah

Jumlah gula dan energi tersebut bisa dikatakan hampir 2 kali lebih besar dibandingkan dengan gula tebu yang biasa ditemukan. 

Selain kandungan dan energi, kurma juga mengandung protein 1,4 – 1,7g dalam 100g buah kurma basah dan dapat meningkat sampai 2,14g jika dikonsumsi dalam bentuk buah kering.

Nah, untuk yang biasa kita temukan sendiri merupakan jenis buah kering karena jenis kurma ini lebih matang dan sengaja dipanen pada masa panennya.

Karena kurma merupakan buah, tentunya kurma juga memiliki serat yang baik untuk pencernaan dan dapat menjaga kesehatan usus.

BACA JUGA:Situs Gunung Padang Dibangun di Atas Gunung Api, Jurnal Internasional Dicabut karena Ilmuwan Barat Tak Setuju?

Kurma juga memiliki kandugnan antioksidan seperti fenolik, flavonoid, ferulik, kumarik, apigenin, dan quarcetin yang berperan dalam mencegah jenis-jenis kerusakan sel akibat oksidasi atau radikal bebas.

Zat quarcetin yang terkandung dalam kurma juga merupakan zat karsinogen yang bisa menghambat pertumbuhan sel tumor ataupun kanker yang ada pada tubuh.

Nah, itulah alasan dan penjelasan tentang anjuran memakan 3 butir kurma yang bisa diperhatikan saat menjadikan kurma sebagai makanan berbuka puasa.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda! Selamat menunaikan ibadah puasa. (miftah nurrohim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: