Apakah Telur Aman Dikonsumsi oleh Kucing? Begini Penjelasan Lengkapnya

Apakah Telur Aman Dikonsumsi oleh Kucing? Begini Penjelasan Lengkapnya

Apakah Telur Aman Dikonsumsi oleh Kucing-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

Jika kucing Anda memerlukan diet rendah lemak, baik karena ia kelebihan berat badan, menderita penyakit ginjal, atau rentan terhadap pankreatitis (peradangan pankreas yang berpotensi mengancam jiwa), hindari memberikan telur atau hanya berikan putih telur yang sudah dimasak dan hindari bagian kuningnya.

Bagaimana Cara Memberi Makan Telur kepada Kucing dengan Aman?

Berikan kucing Anda potongan kecil telur orak-arik atau telur rebus sebagai camilan, atau gunakan telur sebagai tambahan nutrisi pada makanan kucing Anda.

BACA JUGA:Kenali Karakter Kucing Berdasarkan Warna Bulu, Cat Lovers Harus Paham!

Selalu berikan telur yang sudah dimasak dengan baik. Seperti daging mentah, telur mentah membawa risiko infeksi Salmonella, yang dikenal sebagai Salmonellosis.

Pada kucing, infeksi Salmonella dapat menyebabkan diare, muntah, demam, penurunan nafsu makan, dan lesu.

Bahkan jika kucing Anda tidak jatuh sakit, mungkin saja kucing menularkan bakteri Salmonella melalui kotorannya selama beberapa minggu setelah sembuh dari infeksi, yang berpotensi menularkan bakteri tersebut kepada manusia di rumah.

Telur yang telah dimasak adalah telur yang paling aman untuk kucing Anda.

Seperti saat memperkenalkan makanan baru apa pun, mulailah dengan perlahan. Coba berikan sekitar 1 sendok teh telur pada awalnya, dan perhatikan apakah ada tanda-tanda bahwa telur tidak sesuai dengan sistem pencernaan kucing Anda.

BACA JUGA:Kenapa Anak Kucing Tiba Tiba Mati? Ternyata Ini 7 Alasannya dan Cara Menghindarinya

Jika Anda melihat ada diare, muntah, atau tanda lain bahwa kucing Anda tidak toleran terhadap telur, hentikan pemberian telur dan hubungi dokter hewan Anda.

Jika kucing Anda baik-baik saja dengan 1 sendok teh telur, Anda bisa memberikannya hingga sekitar 1 sendok makan telur yang dimasak (baik orak-arik atau direbus) sekali sehari.

Satu sendok makan mungkin terdengar sedikit, tetapi jika Anda mempertimbangkan bahwa perut kucing berukuran hanya sebesar bola ping pong.

Terlalu banyak telur dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu, meskipun telur sehat, diet berkualitas tinggi yang lengkap dan seimbang seharusnya menjadi mayoritas asupan kalori harian kucing Anda.

BACA JUGA:Atasi Kerontokan Bulu Kucing, Inilah 7 Cara Mengatsi Kerontokan Bulu Kucing, Cukup Ampuh dan Mudah Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: