Hari Rabies Internasional, Kucing, Anjing, Kera Diberi Vaksin

Hari Rabies Internasional, Kucing, Anjing, Kera Diberi Vaksin

Vaksinasi rabies hewan peliharaan (muhammad taufik)--

Radarkuningan.com, KUNINGANHari Rabies Internasional di Kabupaten Kuningan diperingati dengan pemberian vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan milik masyarakat. hewan yang mendapat vaksin yakni kucing, anjing dan kera.

Sebanyak 200 pemilik hewan peliharaan yang mendaftar online untuk vaksinasi ambil bagian dalam kegiatan yang dilangsungkan di Pandapa Paramartha, Minggu 25 September 2022.

BACA JUGA:Bingung Weekend, Ya Bisa Nikmati Kolam Renang

Selain pendaftar online, panitia juga menerima pendaftaran langsung di lokasi vaksinasi. Panitia menargetkan sebanyak 300 peserta dalam vaksinasi rabies ini. vaksinasi sendiri mendapat apresiasi dari pemilik hewan peliharaan.

Mereka sudah berdatangan sejak pagi hari dengan membawa hewannya. Mayoritas didominasi kucing, dan anjing. Untuk kera, sama sekali tidak ada pengunjung yang membawa.

BACA JUGA:Warga Wilanagara Meninggal Mendadak, Sempat Pingsan Dalam Bus

Salah satu pemilik kucing, Dede membawa enam kucing jenis Angora ke lokasi vaksinasi rabies. Dia memanfaatkan kegiatan ini untuk mengecek kesehatan hewan peliharaannya.

Dede merasa senang karena pemerintah memasilitasi vaksin bagi hewan peliharaan masyarakat. “Tadi saya bawa beberapa ekor kucing untuk diberi vaksin. Jumlahnya ada enam. Semuanya dalam kondisi sehat. Tak ada tanda-tanda terkena rabies. Pas dicek sehat, langsung diberi vaksin,” ujar Dede.

BACA JUGA:Ajaib, Bocah Indramayu yang Telan Kunci Gembok, Tanpa Disadari Keluar Lewat BAB

Selain kucing, Dede juga mengaku memelihara anjing di rumahnya. Kedua jenis hewan peliharaannya itu rutin mendapatkan kerawatan kesehatan. Menurut dia, program vaksin rabies ini harus dimanfaatkan oleh pemilik hewan agar kondisi kesehatan hewannya tetap terjaga dari penyakit.

“Saya daftarnya online. Kan ada komunitasnya. Prosesnya gampang, dan nggak ribet. Tinggal daftar kemudian hewannya dibawa ke lokasi vaksinasi. Yang offline juga cara daftarnya mudah,” imbuh Dede, Minggu, 25 September 2022.

BACA JUGA:Tekan Pemakaian Gas, Tungku Kayu Bakar Jadi Pilihan Warga

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Dadi Haryadi mengatakan, Kabupaten Kuningan sudah dinyatakan bebas dari rabies. Begitu juga dengan Jawa Barat. Meski begitu, pihaknya tetap melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik warga.

“Vaksinasi dalam momen hari rabies internasional ini digelar gratis. Pemilik hewan tinggal mendaftar. Bisa via online atau offline. Kemudian membawa hewan peliharaannya ke lokasi untuk diberi vaksin rabies,” terang Dadi.

BACA JUGA:Menko Airlangga Tegaskan Konversi Kompor Tiga Kg ke Listrik Tidak Tahun Ini

Kabid Peternakan, Lia Priliawati menambahkan, bagi nasyarakat yang belum sempat hewan peliharaannya menjalani vaksinasi rabies, bisa datang langsung ke Puskseswan terdekat. Di Kabupaten Kuningan terdapat 6 Puskeswan yang akan melayani masyarakat.

“Untuk pemberian vaksin rabies ini, kami menerjunkan 17 petugas kesehatan hewan dari Puskeswan dan perstauan dokter hewan. Silakan bagi masyarakat yang belum hewannya divaksin bisa datang langsung ke lokasi Puskeswan,” sarannya. (*)   

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: