KISAH WALI SONGO: Bertapa Hingga Tubuh Dipenuhi Rumput, Sunan Kalijaga Berguru Hingga ke Pasai

KISAH WALI SONGO: Bertapa Hingga Tubuh Dipenuhi Rumput, Sunan Kalijaga Berguru Hingga ke Pasai

Kisah Wali Songo tentang Sunan Kalijaga yang bertapa di pinggir kali hingga tubuh dipenuhi rumput.-Dzulham Fadholi-Radar Cirebon

Melihat kondisi tersebut, jiwa muda Raden Syahid berontak, dirinya protes kepada ayahnya yang tidak peka terhadap keadaan rakyatnya sendiri.

"Mengapa rakyat Kadipaten Tuban yang sudah hidup sengsara dibuat lebih menderita, Ramanda?" tanya Raden Syahid kepada ayahnya.

BACA JUGA:KISAH WALI SONGO! Karya Sunan Kalijaga, Pencipta Seni Ukir Dedaunan, Lakon Jimat Kalimasada Jadi Sarana Dakwah

Mendapat pertanyaan tersebut dari sang anak, adipati hanya bisa menahan murka, karena dirinya merupakan seorang bawahan dari Kerajaan Majapahit dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Sebaliknya, banyak para petinggi lain yang berbuat semena-mena dan terbukti salah secara hukum, memproklamirkan diri sebagai orang yang tidak bersalah di hadapan rakyat.

Melihat kondisi seperti itu, Raden Syahid memilih menjadi 'pencuri budiman'. Mula-mula dibongkarnya gudang penyimpanan bahan makanan milik kadipaten, kemudian dibagikan kepada rakyat Tuban secara diam-diam.

Sementara itu, rakyat yang menerima bahan-bahan makanan itu, tidak pernah tahu siapa orangnya.

Lewat sebuah pengintaian penjaga kadipaten, akhirnya Raden Syahid tertangkap basah ketika sedang mengambil bahan makanan.

BACA JUGA:KISAH WALI SONGO! Jadi Murid Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga Sempat Menetap di Cirebon

Kemudian Raden Syahid diserahkan ke hadapan Adipati Tumenggung Wilatikta untuk diadili.

Mengetahui anaknya yang menjadi pencuri bahan makanan dari gudang milik Kadipaten, Adipati Tumenggung Wilatikta murka dan merasa tercoreng namanya.

Karena malu, Raden Syahid akhirnya diusir oleh Adipati Tumenggung Wilatikta keluar dari Kadipaten.

Namun, pengusiran tersebut tidak membuat Raden Syahid menjadi ciut, tindakan semakin menjadi-jadi. Dirinya malah melakukan perampokan dan pembegalan terhadap orang-orang kaya di Kadipaten Tuban.

Tetapi tetap seperti semula, hasil perampokan kembali dibagi-bagikan kepada rakyat Tuban yang membutuhkan.

BACA JUGA:KISAH WALI SONGO! Sunan Kalijaga Populer Disebut Ki Dalang Bengkok, Ikut Merancang Masjid Agung Cirebon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: