Gara-Gara Lampu Bohlam Nempel di Kasur Busa, Warga Karangtengah Kuningan Nyaris Kehilangan Rumah

Gara-Gara Lampu Bohlam Nempel di Kasur Busa, Warga Karangtengah Kuningan Nyaris Kehilangan Rumah

Regu pemadam kebakaran memeriksa penyebab kebakaran yang hampir meluluhlantakan sebuah rumah di Desa Karangtengah, Maleber, Senin malam 3 April 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Sebuah rumah tinggal di Desa Karangtengah, Kecamatan Maleber, Kuningan, dilalap si jago merah. Kejadian ini berlangsung Senin malam 3 April 2023 sekitar pukul 22.15.
 
Satu regu pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi bersana warga setempat berhasil mengendalikan keganasan api.  
 
 
Rumah yang terbakar adalah milik Jaka yang tinggal di Kp Pandai RT04 RW01 Desa  Karangtengah Kecamatan Maleber, Kabaupaten Kuningan. Api tidak sempat merembet ke bagian lain lantaran cepatnya upaya pemadaman yang dilakukan warga dan petugas Damkar. Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian sekitar Rp2 juta.
 
Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi menerangkan kronologis kejadian yang nyaris menghanguskan rumah Jaka. Khadafi menceritakan, awalnya korban melihat nyala lampu bohlam di kamar bagian tengah sudah redup. Saksi lantas perhi mendatangi kakaknya yang tinggal bersebelahan.
 
 
Selang lima belas menit kemudian, anak korban datang danemberitahu jika di rumahnya sudah bany asap. Mendengar penuturan anaknya, Jaka segera betlari ke rumahnya dan mencari sumber asap.
 
"Anaknya datang dan ngasih tahu kalau di rumahnya muncul banyak asap. Korban kemudian berusaha mencari sumbernya. Ternyata asap pekat itu berasal dari kasur busa yang ada kamar tengahnya," ujar Khadafi, Selasa pagi 4 April 2023.
 
 
Melihat kejadian ini, korban lalu berteriak minta tolong. Teriakan Jaka didengar tetangganya dan langsung berusaha memadamkan api yang membakar kasur busa.
 
Jaka bersama sama warga memadamkan api  dengan peralatan seadanya. Tak lama berselang, petugas Damjkar yang mendapat laporan tiba di lokasi kejadian. 
 
"Proses pemadaman apo hanya berlangsung selama 20 menit. Alhamdulillah api bisa dikendalikan dan tidak melahap bagian rumah lainnya. Hanya saja empat kasur busa milik korban kondisinya sudah gosong lantaran terbakar. Kerugian yang dialami korban sekitar Rp2 juta," sebut Khadafi.
 
 
Setelah di lakukan pengecekan dan  pengumpulan data di lokasi kejadian, penyebab kebakaran diduga dari percikan lampu kebakar dan menempel ke kasur.
 
Khadafi mengimbau, masyarakat agar mewaspadai setiap potensi terjadinya kebakaran, yang diakibatkan dari tungku/gas, listrik, pembakaran sampah dan lainnya.  (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: