Setidaknya Ada 10 Macam Alpukat Wajib Anda Tahu, Jenis Mentega Paling Familier dan Jadi Unggulan

Setidaknya Ada 10 Macam Alpukat Wajib Anda Tahu, Jenis Mentega Paling Familier dan Jadi Unggulan

Jenis buah alpukat yang perlu diketahui, setidaknya ada 10.-Istimewa-radarkuningan.com

Wina, pada dasarnya tipe alpukat mentega dengan warna kulit hijau mengilap dan tebal. Bentuknya agak bulat, ukuran jumbo dengan berat mencapai 1,5 – 2 kg per buah. 

Dengan rasa nikmat, lembut, gurih, dan sedikit manis, tidak heran jika alpukat wina dinyatakan memiliki kualitas super.

3. Alpukat Miki

Alpukat miki merupakan salah satu jenis unggul khusus dataran rendah. Jenis ini telah dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB dengan peneliti Dr Sobir dan kawan kawan. 

BACA JUGA:Arti Kucing Membawa Burung Mati? Ini 3 Tanda Kasih Sayang Kucing yang Sering Disepelekan!

Alpukat jenis ini mempunyai buah berukuran besar. Rata-rata mencapai berat 400-600 gram/buah. Buah alpukat miki memiliki tampilan daging buah tebal berwarna kuning dan mempunyai manis tanpa rasa getir.

Selain termasuk jenis alpukat khusus dataran rendah, juga memiliki sifat yang genjah atau mudah berbuah. 

Tanaman alpukat jenis ini mulai menghasilkan buah pada saat usia 2 – 3 tahun. Lazimnya,  tanaman alpukat akan mulai memasuki masa produksi pada usia di atas 5 tahun.

4. Alpukat Hass

Alpukat Hass adalah jenis alpukat yang berasal dari Australia. Alpukat yang satu ini diberi nama Hass berdasarkan penemunya, seorang ahli holtikultura bernama Rudolph Hass. 

BACA JUGA:5 Tanaman yang Cocok Disimpan di Kamar Tidur, Memberi Efek Menenangkan dan Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Buah alpukat yang satu ini dari bentuk dan warnanya sangat mudah dibedakan dengan jenis alpukat lainnya. Ada beberapa keunggulan alpukat Hass. Selain rasa yang sangat lezat, kandungan minyak yang ada sangat tinggi. 

Selain itu juga daging buahnya sangat pulen serta tidak mudah busuk. Harga jual buahnya lumayan tinggi. Jenis ini mudah berbuah dan tingkat produktivitas lumayan tinggi. 

Peluang alpukat Hass ini di pasar nasional maupun internasional masih terbuka lebar. Alpukat ini merupakan jenis yang paling populer dikonsumsi di berbagai belahan dunia. 

Di Amerika Serikat misalnya, 80 persen alpukat yang tersedia adalah jenis Hass. Begitu pula di New Zealand, alpukat jenis ini yang paling banyak ditanam secara luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: