Berenang Bersama Ikan Dewa di 2 Kolam Renang Alami di Kuningan, Airnya Dingin Menusuk Tulang

Berenang Bersama Ikan Dewa di 2 Kolam Renang Alami di Kuningan, Airnya Dingin Menusuk Tulang

Kolam renang alami di Cibulan, Kabupaten Kuningan. -Istimewa-radarkuningan.com

Konon katanya, sebagai hukuman atas pemberontakan mereka, Prabu Siliwangi mengutuk para prajurit tersebut menjadi ikan.

BACA JUGA:Apakah Kucing Boleh Makan Buah? Inilah 6 Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Kucing, Bisa untuk Camilan Sehat

Cerita juga menyebutkan bahwa konon jumlah ikan-ikan dewa ini tetap berkurang dan tidak pernah bertambah dari waktu ke waktu.

Sampai sekarang, tidak ada yang berani mengganggu atau mengambil ikan-ikan sakral ini, karena diyakini akan membawa sial atau malapetaka bagi yang melakukannya, sesuai dengan kepercayaan yang masih kuat di kalangan masyarakat.

Selain adanya ikan dewa, wisata alam Cibulan juga memberikan sebuah tempat sakral yaitu Sumur Tujuh. Lokasi ini terdiri dari tujuh sumber air yang berbeda, yang dipercaya sebagai petilasan Prabu Siliwangi.

Menurut kepercayaan setempat, masing-masing dari ketujuh sumur tersebut memiliki manfaat khusus, menjadikannya destinasi yang populer.

BACA JUGA:Tempat Jual dan Beli Mobil Bekas di Cirebon Jawa Barat, Dijamin Terbaik, Terlengkap, dan Terjangkau!

2. Kolam Renang Cigugur

Ikan dewa tidak cuma di Cibulan, tetapi juga terdapat di kolam ikan Cigugur. Ikan Dewa, atau yang dikenal sebagai Kancra Bodas oleh masyarakat setempat, merupakan spesies unik dan berharga yang mendiami kolam air di daerah tersebut. 

Memiliki penampilan serupa dengan ikan mas, adanya ikan dewa ini tetap dijaga dengan baik karena dianggap keramat, dengan hadirnya mitos atau legenda yang memberikan sakral terhadap ikan dewa itu. Destinasi ini terletak di Desa Cigugur, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Di kolam Cigugur, pengunjung memiliki kesempatan untuk menikmati terapi ikan yang dilakukan sambil duduk santai. Terapi ini diyakini dapat meningkatkan peredaran darah dan memberikan efek relaksasi. 

Selain itu, yang terkenal adalah terapi relaksasi kaki menggunakan ikan nilem atau. Terutama untuk ikan nilem, mereka mempunyai kebiasaan yang unik yaitu mengigit kulit kaki yang direndam di dalam kolam. Kebiasaan tersebut dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan bagi kulit manusia.

BACA JUGA:Rumah Bebas Bau! Inilah 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Kotoran Kucing, Bisa Dengan Bubuk Kopi

Kisah misteri dan keindahan alam yang terjalin dalam kolam ikan dewa di Cibulan dan Cigugur, Kabupaten Kuningan membuktikan bahwa mitos (legenda) dan alam Indonesia sangatlah luas dan mendalam.

Cerita rakyat yang hidup di tengah masyarakat, bukan hanya sekedar cerita, tetapi juga menjadi bagian dari identitas dan kepercayaan yang sangat kuat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: